Breastfeeding Journey Part 2

Part 1 nya udah gue posting dulu banget yah, klik disini aja Sebenernya gue bingung sih kasih judul apa makanya pake judul yang sama aja deh tapi part 2nya. Hehehe. Masih seputar perjalanan menyusui juga soalnya. Sebelumnya tolong jangan mikir gue posting ginian mau pamer dll ya. Masih bisa menyusui si Alvin sampe sekarang ini itu salah satu pencapaian tersendiri buat gue, semoga gak gimana2 ya. Gue cuma berniat sharing aja kok, syukur2 kalau bisa menyemangati ibu2 menyusui lainnya.

Sejak gue mulai menyusui si Alvin, jujur gue punya niat untuk bisa sampe 2 tahun. Biasaaaa ekspektasi ibu2 padahal belum tentu kan realitanya ntar bisa sama. Hahaha. Pemikiran gue namanya niat yang bagus kok pasti ada jalannya. Oke sip.

Continue reading

Happy Mother’s Day

Hampir gak pernah yah kayanya gue bikin postingan hari ibu gini di blog. Tapi hari ini sedikit beda dan sangat berkesan buat gue jadi gue tulis disini, dan masih fresh from the oven karena langsung buat postingan dan publish XD

Tadi pagi kan seperti biasa yah gue lagi abis mandiin si Alvin, lalu gantiin baju. Si kakak udah mandi dan lagi nonton. Tiba2 dia masuk kamar dan bilang punya sesuatu untuk gue. Dia taro dibawah handphone yah. Gue masih engga notice dan biasa aja gitu. Beres gantiin baju si Alvin, gue ambil lah itu. Ada amplop tulisannya untuk mami dari Eirene. Gue buka dan gue langsung mencelos (apa yah bahasanya kok mencelos hahahaha) Speechlessss bangettttt bacanyaaaaaa😭😭😭

Continue reading

Baby Sleep Training

Gue bikin postingan ini berdasarkan yang pernah gue baca di whattoexpect.com dan udah gue terapin juga sih ke si Alvin. Terus berhasil gak? Berhasil dong makanya mau gue share disini. Siapa tau ada yang mau nerapin sleep trainning ke anaknya juga.

Perlu diingat bahwa sebenernya kalau masih newborn banget sampe paling gak sebulan deh, itu yang namanya begadang yah masih wajar yah. Wajar banget. Gue udah melalui masa2 itu yang mana siang jadi malem, malem jadi siang. Karena anaknya kalau siang tidur anteeeeeeng banget, giliran malem melek seger. Yah alamat lah begadang mulu *dadah2 ke mata panda* Gak usah ditanya deh, hampir semua orang tua yang baru punya bayi pasti ngalamin yang namanya begadang.

Bayi itu kan masih butuh waktu untuk tidur kira 14-15 jam dalam sehari. Itu perlu dibagi2 tuh misalkan tidur siang 6 jam tidur malamnya 9 jam. Tidur siang 6 jam itu juga dibagi lagi, maksudnya gak dihajar langsung selama 6 jam gitu. Setelah gue baca2 emang banyak banget trik2 untuk melatih anak biar bisa tidur malem anteng. Itu pun udah bisa dimulai sedini mungkin. Gak ada kata terlambat, jadi begitu tau caranya langsung coba praktekin deh. Win win solution juga kan, karena bayi mesti dapet waktu tidur yang cukup, begitu juga orang tuanya biar bisa istirahat. Continue reading

Breastfeeding Journey

Dari masih hamil gue sama Mas udah bertekad kuat pokoknya mesti kasih ASI untuk si dedek. Gue bukannya mengintimidasi ibu2 yang kasih sufor ke anaknya ya. Gue percaya semua orang tua itu pasti mau kasih yang terbaik untuk anaknya. Soal caranya gimana ya beda2 kan tergantung pilihan masing2.

Si kakak juga dulu minum ASI walaupun cuma bisa mentok sampe di 5 bulan. Entah kenapa tiba2 produksinya makin menurun sampe akhirnya stop, mungkin gue kelewat stress ya hahaha. Nah kali ini boleh dong gue berniat kasih ASIX ke dedek Alvin kalau perlu sampai 2 tahun. Bersyukur banget lah gue abis lahiran ASI langsung lancar. Bahkan sampe sekarang pun Alvin udah mau 3 bulan Puji Tuhan masih cukup. Gue gak bilang banyak yah, tapi cukup.

Continue reading

Post Partum & Drama Baby Blues

Ini cerita pasca persalinan kemarin (biarin ya telat dikit) dan sedikit cerita tentang baby blues yang gue pun gak nyangka bakal kena juga.

Post Partum

Di rumah sakit tempat gue lahiran kemarin itu kalau gak salah semua baby mesti langsung rooming in sama ibunya deh. Tapi karena si A lahirnya pagi jam 6, dan guenya juga yang udah kecapean banget dari malemnya kan gak tidur bener jadi untungnya setelah lahiran gue bisa tidur sebentar. Sementara si dedek di ruang bayi.

2 jam setelah lahiran pas gue udah bisa jalan ke toilet itu, abis itu langsung bersih2 dan rapih2 langsung pake bra dan daster menyusui terus pindah ke kamar. Sampe kamar langsung touch up dikit dong bhahahaha alisan itu penting buibu.. Abis itu gue makan bubur ayam terus coba tidur. Lumayan enak tuh tidurnya karena udah capek banget kan. Bangun2 jam 1an langsung manggil suster bisa gak dedeknya dibawa aja kesini. Excited karena udah lumayan segeran juga guenya.

Continue reading

Curhat Krucil

Suatu siang, pas si dedek baru pulang sekolah, gue lagi di kamar browsing2. Tiba2 gue denger, masuk kerumah ni anak ngomong “Aku lagi bosen nih”. Gue panggil dong suruh ke kamar.

Mami : Kenapa kamu?
Dedek : Iya aku tuh lagi bosen
M: Ya kenapa bosennya?

D: Tunggu, buka dulu ini kaus kakinya nanti aku ceritain deh.

Abis buka kaos kaki, naik ke kasur.

M: *nahan ketawa*. Bosen kenapa?
D: Aku bosen deh sama si A (sebut saja si A ya, ini temen sekelasnya dia. Dari awal sekolah si A ini deket sama dedek. Si dedek juga deket dan seneng main sama si A. Sempet sih beberapa kali dedek cerita lagi berantem sama si A, tapi gak lama pas gue tanya lagi udah baikan baikan lagi)
M: Lah kenapa lagi?
D: Abis aku kesel deh, masa dia kerjaannya marah2 mulu sama aku
M: *pengen ngakak* Kenapa gitu dia marah2? Berantem lg ya?
D: Iya kan di sekolah tadi lagi mainan lego, terus aku mau pinjem punya dia eh gak boleh.
M: Terus dia bilang apa?
D: Iya dia bilang gini “Heh Eirene ngapain sih kamu minjem2 mainan aku!” Pake heh lagi dia ngomongnya
M: Terus kamunya gimana?
D: Ya aku bilang aja sama dia, “emangnya kenapa sih A, aku kan cuma mau minjem aja”. Ih aku kesel deh sama dia
M: Jadi lagi berantem nih sama si A?
D: Iya aku males main sama dia lagi
M: Gak boleh gitu. Yaudah kalau misalkan si A gak mau kasih pinjem mainannya, kamu main yang lain aja. Bilang baik2 sama dia gausah marah2. Tapi Eirenenya juga gak boleh jadi marah2 ke dia ya??
D: *diem*
M: Denger gak mami bilang?

D: Iya ah..

Huahahaha ini anak udah bisa curhat masalah pertemanan dia. Sebenernya dia emang sering sih cerita2 tentang temen2 sekolahnya. Tapi ya pasti awalnya mesti gue pancing2 dulu nanya2 tentang temen sekolahnya, dia mainnya sama siapa, si ini apa kabar, si anu apa kabar gitu2. Jadi kalau udah dipancing baru dia nyerocos panjang lebar nyeritain temen2 sekolahnya. Pernah waktu itu dia cerita males sama temennya gara2 si temennya ini suka main sama dia, tapi si temen ini tuh demennya main lari2an jadi kan keringetan ya. Gue tanya kenapa dedek gak mau main sama dia? Dia jawab soalnya aku gak mau kalau ketempel2 tangan dia keringetan bhuahahahaha.. Kocak lah dengernya :)))))

Bukannya apa2 sih, gue dicurhatin ginian sama anak sendiri bawaannya pengen ngakak aja hihihi lucu aja dengernya. Namanya juga anak2 ya pasti ada deh males2an sama temennya tapi ntar gak lama sih pasti udah baikan lagi. Yang penting gimana kita dengerin dia aja kalau lagi cerita dan nasehatin yang bener. Aduh dekkk jangan buru2 dong gedenya, ntar gak lama lagi mami dengerin kamu curhatin cowo lagi. Huahahaha *masih lama kok tenang2* *belum siap* *emak posesif*

 

Continue reading

Unexpected Things Happen Unexpectedly

Ini cerita udah lama sih tapi ngendon aja gitu di draft belum sempet diterusin baru judul doang hehehe.. Cerita tentang si dedek Ayin nih. Dari awal umur 3 tahun gue udah sempet2 menyinggung kan nih anak beneran udah kaya orang gede aja gitu ya. Dan gue makin yakin lagi nih anak udah bener2 kaya orang gede gara2 kejadian ini.

Jadi waktu itu gue lupa lah hari apa, si Mas seperti biasa deh hari itu mau ada meeting di alsut (alam sutra). Terus berhubung istrinya ini lagi kebosenan dirumah melulu, minta ikut deh gue kan. Gue pikir kan ah dia meetingnya di Mall ini. Kalau bosen ya gue jalan2 aja sendiri gak papa. Siap2 lah kita pagi itu, karena dia meetingnya jam – jam lunch kan. Terus tiba2 si krucil dateng ke kamar dan terjadilah percakapan kaya gini..

D: Dedek
G : Gue

D: Mau kemana mih?
G: Mau pergi
D: Sama daddy yah?
G: Iya, daddynya mau meeting
D: Dimana? (gaya banget nih nanya)
G: Di alam sutra dek, kenapa kamu mau ikut? Ikut yuk (asal2an aja gue ini ngajaknya, tau juga sih gue dia gabakal mau ikut)
D: Mau dong, tapi sama oma gak?
G: Hahaha enggak lah dek, oma ga ikut. Kalo dedek mau ikut yaudah ayuk
D: Yaudah aku bilang oma dulu ya
G: *doenggggg* beneran mau ngikut nih anak

Hahaha.. Surprisingly, nih anak beneran mau ngikut dan langsung buru2 siap2 juga. Gue pikir dia gak bakal mau ikut karena gue bilang Omanya gak mungkin ikut kan. Eh enggak lho dese tetep mau ngikut aja gitu. Gue sih gak papa bawa2 dia cuma kan kalau si Mas meeting gue gatau ya bisa berapa lama, dan nih anak kan bosenan. Kalau gue sendiri sih mau si Mas meetingnya lama juga nyantai, tinggal bawa laptop aja gue bisa asik sendiri. Nah ini kalau sama si krucil, terus dia bosen ya masa gue pulang duluan. Mana lumayan jauh lagi kan tempatnya. Kecuali misalnya kita pergi yang emang tujuannya ngemall jalan2 sih gue santai bawa dia. Tapi karena nih anak ngotot mau ikut (gue yang ngerasa bersalah karena sok2an ngajak :p) ya mau gak mau harus dibawa dong daripada dia ngambek. Hahaha

Sebelum berangkat gue udah ngomongin berkali2 deh ke si krucil, dan udah make sure juga jangan rewel kan dia sendiri yang tetep minta ikut. Jadi gak boleh rewelan. Tapi gue bilang nanti si Daddynya meeting, kitanya jalan2 aja yah. Langsung iya2 sumringah gitu mukanya. Setelah beres semua sesajen krucil masuk dalem tas, kita langsung berangkat. Eh on the way kesana nih anak udah celamitan aja dong minta susu lah minta permen coklat lah, yaudah akhirnya dikasih daripada nangis kan. Kita sampe sana jam setengah 1an, ternyata temen2nya si Mas belum pada nyampe, jadi kita jalan2 aja dulu. Itu mall sepinya minta ampun, padahal udah jam lunch harusnya sih kan rame ya orang2 pada lunch. Muter2in mallnya, karena kebetulan gue udah lama banget gak kesitu. Terakir kesitu ada kali taun lalu, jadi gak khatam2 banget sama mall ini.

Gak lama terus Mas bilang kalau udah pada nyampe, jadi dia udah harus cabut sekarang. Yaudah gue sama krucil nganterin dia ke tempat meetingnya terus dadah dadah deh hahaha.. Gue sama krucil ngapain? Jalan2 dong ah, masa duduk cantik nungguin Mas meeting. Begitu udah agak siangan, gue ajak makan kan nih anak. Gue tanya mau makan apa. Dia bilang mau makan mi garing. Huahahaha maminya agak2 lemot ini ya gak ngeh kalau mi garing yang dia maksud itu ifu mie. Dia emang suka makan mi sih, dan gak tau kenapa kalau makan mi diluar masa dia cuma bisa makan punya si GM. Kalau yang lain pasti makannya lama dan ujung2nya gak abis. Kalau indomi sih jangan tanya, dia suka banget juga. Tapi sayangnya gak gue kasih sering2 makan indomi hahaha.. Kalaupun dikasih, gak pake bumbunya, jadi dibikinin kuah kaldu sendiri sama Nyokap. Makanya kalau dia nyobain indomi yang gue bikin dia suka bilang kok punya mami rasanya beda ya. Hahahaha..

Akhirnya makan lah kita di GM. Pesen ifu mi buat berdua. Kalau sendiri gak bakal abis juga sih kan porsinya gede ya. Lumayan banyak lah si krucil makannya. Eh tapi pas masih lagi makan, udah mau abis sih. Tiba2 dia bilang pengen pup. Ya gue bilang yaudah tunggu bentar lagi nanggung kan. Kayanya dia udah gak tahan banget akhirnya pup lah di pampers. Abis itu gue langsung buru2 ke toilet dan gantiin pampersnya kan. Iya nih dia kalau jalan2 kadang2 masih pake pampers hahaha.. Terus kita lanjut jalan2 lagi sambil nyari ice cream buat maminya desert. Pas udah nemu yaudah kita duduk2 aja dulu di baskin situ sambil makan ice creamnya. Udah mau jam 3an tuh pas kita masih duduk di baskin dan si Mas nyamperin ternyata meetingnya udah selesai tapi dia masih mau ngobrol2 lagi sama partnernya. Akhirnya kita pindah tempat dan kali ini barengan sama si Mas dan temennya, soalnya kan udah ngobrol2 santai ya gak kaya tadi meeting serius gitu, lagian temennya juga kenal sama gue.

Selama disitu si dedek anteng aja dong, gak rewel sama sekali. Gue tanya ngantuk ya, sini bobo aja mamih pangku. Gak kata dia, gak mau bobo. Dia serius aja gitu main sendiri. Main mainan2nya kinder joy yang tadi dia sempet minta beliin pas ke hero. Tapi pas lagi disitu eh dia minta pup lagi dong. Dan gak tanggung2, 2 kali aja gitu dia minta pup lagi. Gue udah worried tuh, duh nih anak kenapa juga sampe beberapa kali minta pup gini. Soalnya dia emang kalau kebanyakan makan campur2, ya ice cream ya coklat ya permen, ujung2nya pasti bolak balik toilet. Terus dia bilang perutnya gak enak. Akhirnya gue gosok2in pake minyak telon terus terjadi percakapan kaya gini..

G: Dedek kenapa? Mau bobo ya? Perutnya sakit?
D: Iya perutnya sakit tapi gak mau bobo
G: Mau pulang aja?
D: Enggak… Kan daddy masih meeting..
G: *kaget jawabannya dia gitu* Iya daddynya masih meeting, tapi kalau kita mau pulang duluan gak papa kok
D: Gak papa tungguin aja dulu daddynya sampe selesai
G: Bener gak papa? Pulang aja yuk duluan *maminya yang kepanikan*
D: Gak papa mih..

Abis itu gue langsung berasa gimana gitu. Seneng tapi kasian juga. Nih anak mukanya udah keliatan banget ngantuk, capek, terus perutnya gak enak. Tapi dia tetep gak rewel dan masih ngajak gue main aja gitu sembari nungguin daddynya. Malah guenya yang udah ngasih kode2 ke si Mas suruh buruan karna anaknya takut kebosenan. Gak nyangka aja sih gue, si krucil bakal segitu ngertinya sampe bela2in gak mau pulang duluan karna daddynya belum selesai meetingnya. Mungkin dia ngerasa juga kali ya dia ini yang ngotot mau ikut makanya gak mau bikin repot maminya sama daddynya kalau sampe rewel dan minta pulang duluan. Uuuuh anaknya mami udah gedeeeeee.. *ciumcium*

Sampe akhirnya udah mau jam 6an baru si Mas beres, dan kita siap2 mau pulang. Si dedek sempet ngomong lagi udah selesai ya daddy meetingnya? Iya sayangku udah selesai yuk kita pulang. Dijalan pulang baru deh dia tidur pules les sampe nyampe rumah. Padahal lama lho itu karna jalanan agak macet, hujan gede banget dan sempet ngelewatin beberapa tempat yang udah agak banjir.

Dirumah gue cerita2 ke Bunda soal si dedek tadi. Bunda ketawa2 aja dan bilang emang dia udah gede kali, dan dia seneng lah bisa nemenin daddynya meeting. Hahaha..

anak mami yang udah gede itu :p