Baking, Hobby, Me, My self and I

Hobi Baru

Kenapa ya sekarang mau nulis susah bener, kayanya tiap udah dapet feelnya ada aja pasti halangannya, ini tulisan aja sebenernya udah mau ditulis dari beberapa hari yang lalu tapi sibuk terus (baca ; males) huahahaha..
Jadi beberapa waktu belakangan ini gue lagi punya hobi baru. Sebenernya enggak baru2 amat juga sih. Dari dulu tuh gue udah suka masak2an gitu. Tapi jarang nyoba2. Kebetulan Bunda kan emang jago masak dan bikin kue, jadi tiap dia masak atau bikin kue pasti gue bagian ngerecokin deh. Ya pokoknya kepo2 pengen ikutan gitu. Cuma setelah makin gede, apalagi semenjak ninggalin rumah (jadi anak kostan) udah gak pernah berniat masak2an lagi. Tapi masih tetep seneng sama hal2 gituan, dan tetep kepengen someday bisa sekolah masak.ย 
Gue seneng deh baca2 buku resep, atau browsing2 resep terus gue catet. Berharap dengan baca resep aja bisa tau cara bikinnya kan *cetek* hahaha ya gimana bisa namanya belajar masak mah harus diikuti dengan praktek dong, yakan? Gue lupa lah tepatnya kapan gue iseng2an mulai praktek belajar masak. Eh Bunda pun seneng banget tuh akhirnya gue mau coba mulai latihan2 masak. Awal2 belajar masak mah ya cuma yang cemen2 doang. Makanan rumahan macam goreng2, tumis2, rebus2 gitu mah cincay lah ya. Gampang. Tapi kalau udah masakan yang susah nanti dulu deh belum berani huahaha. Daripada nanti dibuat terus rasanya ajaib dan gak kemakan yakan. Jadi kalau udah masakan yang susah kita serahkan aja sama ahlinya.ย 
Makin kesini makin demen gue belajar masak, tapi sekarang lebih ke baking. Emang pada dasarnya gue itu suka cemilan2 manis, dan desert2an gitu sih. Udah gitu Bunda sering banget bilang kalau suka makannya harus bisa bikinnya juga dong hahaha.. Jadi awal2 gue coba deh ajak Bunda nyoba2 resep kue. Bunda juga kan emang demen bikin kue, dan dia bisa dibilang udah expert jadi gue juga bisa belajar sama dia deh. Dulu waktu masih kecil, kalau Bunda bikin kue kan gue pasti gatel, pengen ngaduk2 adonannya lah, mau pegang mixer lah, mau masukin telor lah. Ternyata emang kalau dari kecil udah pecicilan gitu, gedenya bakal demen bikin kue juga *sotoy* hahaha..
Sekarang gue lagi seneng banget baking. Tapi ya tetep aja belum sampe ditingkat yang expert. Masih jauh kakakkkk.. Masih cemen lah. Tapi udah sok2an kemarin pas ulang tahun dedek bikin kue2 di desert table huahahaha.. Ishhh gapapa lah ya namanya juga melatih kemampuan, lagian gue juga gak bakal naro di meja kalau rasanya gak enak kan. Enak itu relatif sih ya tapi kata Bunda sih gue udah lumayan bisa deh kalau soal bikin2an kue yang kaya gitu. Walaupun masih resep2 yang standardnya aja gitu, belum yang dimodif2 sendiri. Well,ย nanti lama2 juga bisa modif2 sendiri ya kalau udah makin sering bikin kue.

Terus so far apa aja dong yang udah bisa? Kemarin sih pas ulang tahun dedek desert table itu ada cookies, pie susu, sama cupcakes. Kalau cookies itu dapet resep dari Bunda, butter cookies gitu, enyak deh. Pertama kali coba bikin cookies, brown sugar cookies, dan failed huahaha.. Tapi untung bikinnya cuma dikit jadi gak mubazir. Percobaan kedua berhasil dong, dan cuma beberapa hari langsung ludes. Makanya langsung yakin deh mau bikin untuk ulang tahun dedek kemarin. Tapi gak pake gula merah, cuma butter cookies aja dan atasnya dihias pake icing sugar. Kemarin pas ulang tahun dedek juga bikin cupcakes, browsing resep dan setelah diomongin sama Bunda, boleh dicoba nih resepnya, yaudah coba deh. Eh tapi pertama kali bikin failed huahahaha, begitu kedua kalinya deg2an takut failed lagi tapi akhirnya berhasil, dan yes enaaaaak.

1. brown sugar cookies yang berhasil, yang failed gak difoto :p
2, 3, 4 butter cookies pas dedek ultah
Cupcakes

Terus kaya macem pie2an juga udah cincay deh. Awalnya iseng2 nyoba karena nemu resep pie susu, tapi karena waktu itu belum punya pie crust yang kecil2, jadi bikinnya di loyang pie gede. Ini sekali nyoba langsung berhasil, gampil kan bikin pie *songong* hahaha.. Abis dari situ baru deh bikin2 pie yang lain, tapi baru kesampaian di apple pie aja sih. Intinya sih kalau buat pie asal udah tau bahan dasar kulit pienya, toppingnya mah tinggal bebas2 aja kan. Dan pie kan bisa macem2 isinya ya, bisa buah, bisa fla coklat, vanilla, daging, macem2 ya. Pas coba bikin apple pie tapi gak pake resep apapun, kan udah khatam tuh bikin kulit pienya, nah applenya gimana? Applenya modal sotoy aja dong tapi setelah jadi rasanya gak beda jauh sama apple pie yang suka gue beli dulu. Iya gue emang demen banget makan apple pie hahaha..

Pie susu di loyang gede dan pie susu kecil2
Gak boong ini enak banget :p
Apple pie yang applenya modal sotoy tapi jadinya enak :p

Intinya gue lebih suka baking daripada masak memasak makanan hahaha.. Ya gak cuma baking aja sih, tapi bikin2 kue cemilan gitu2. Karena gue suka makannya dan kata Bunda kalo suka harus bisa bikin itu :p. Tapi ya belum sampai tahap expert banget deh, namanya juga baru belajar2 kan. Kalau kue2an standard yang gampang2 sih udah bisa lah ya. Kaya pancake atau panekuk, donat, bolu, martabak, dllnya. Yang penting kalau masak itu sih harus sering nyoba latian ya jadi makin lama makin jago hehehe.. Sebenernya gue lebih suka bikin kue karena kalau kue kan ada resepnya ya, kalau masak makanan yang emang gue udah bisa entah kenapa gue males pake resep, kecuali yang susah banget ya. Jadi pake modal sotoy aja dan dicoba2 rasanya udah enak atau belum. Bikin macaroni schotel aja gak pakai resep hahaha, atau makanan2 lain yang masih gampang kaya pasta2an.

Sampai sekarang gue masih tetep pengen les atau sekolah masak dong. Tapi mungkin lebih ke les aja kali ya jadi kan bisa nyoba macem2 gak cuma masak makanan. Kayanya lebih seru kalau ngambil cooking class yang bikin pastry2an atau cake2 gitu.

Advertisements