Resep ; Muffin Keju

Dari semalem kepengenan makan muffin sampe kepikiran banget hahahaha lebay abis yah. Sampe udah mikir2 besok bangun pagi mau langsung buat ahhh. Buat muffin sih udah sering dan seringnya muffin vanilla pakein chocochips, atau muffin pisang, atau si muffin keju ini. Tapi entah kenapa kok semalem itu kepikiran pengen bikin muffin coklat karena belum pernah bikin kan. Eh ujung2nya gak jadi buat yang coklat hahahaha selalu gitu deh cuma kepengenan doang bikin yg coklat ujung2nya pas eksekusi pasti banting stir jadi yang vanila lah, keju lah, pisang lah😂😂😂

Entah kenapa yah mungkin karena gue kurang demen sama muffin coklat jadi cuma sebatas penasaran aja pengen buatnya. Favorit gue muffin keju atau pisang. So tadi pagi2 langsung semangat mau buat muffin keju ajah *lemah kalau ketemu keju* hahahaha apalagi pas buka kulkas eh liat keju edam masih ada sisaan bikin kaastengels kemarin. Jadi sok ide pakein edam juga deh ternyata makin enak hahahaha tapi gak harus pake edam yah, keju cheddar biasa juga udah enak kok ini.

Muffin ini salah satu kue yang suka gue buat pagi2 karena bikinnya cepet cuma aduk2 gak remfong gak perlu mixer dan bisa untuk sarapan juga temen ngopi. Si adek aja padahal udah sarapan oatmeal eh begitu muffinnya mateng langsung nyomot dan abis 2 biji😆😆😆

Langsung resepnya aja yah cusss…

MUFFIN KEJU (jadi sekitar 12pcs)

Bahan :

  • 200gr tepung terigu
  • 125gr gula pasir (kalau ga suka manis bisa kurangin sedikit yah)
  • 1sdm rata baking powder (lbh bagus gunakan baking powder double acting)
  • 1/4sdt baking soda (gue skip)
  • Sejumput garam
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 100ml susu cair plain
  • 100gr mentega lelehkan
  • Vanilla ekstrak secukupnya (skip juga gapapa)
  • Keju cheddar potong dadu (sesuai selera aja)
  • Keju cheddar parut utk topping atasnya

Cara :

  • Siapkan paper cup, tata di loyang muffin / cupcake. Panaskan oven set suhu 180 derajat
  • Campur bahan kering dalam satu wadah (yg agak besar) tepung, gula, baking powder, garam, keju potong dadu, aduk rata
  • Campur bahan basah, telur, susu cair, mentega leleh, vanilla ekstrak, aduk rata
  • Lubagi bagian tengah bahan kering, lalu masukan bahan cair dan aduk dgn whisker atau spatula aja. Aduknya asal kecampur aja yah gak perlu sampai licin. Adonan muffin memang harus masih kasar bergerindil gitu, kalau overmix nanti muffinnya bantet
  • Tuang adonan dalam paper cup sampai 3/4 aja. Jangan kepenuhan nanti meleber. Lalu taburi keju parut
  • Panggang muffin dengan suhu 180 derajat selama kurleb 25 menit
  • Kalau kelihatan sudah mengembang suhu bisa diturunkan jadi 160 derajat
  • Panggang sampai matang, sajikan hangat

Gampang kan buibuuu??? Muffin ini paling enak dimakan pas masih anget. Makanya gue suka bikin utk sarapan, jadi begitu mateng langsung hap deh sembari ngopi. Seharian masih enak kok asal disimpan di wadah yg tertutup rapat. Kalau mau lebih enak lagi, pas mau dimakan boleh angetin bentar di microwave. Buat bekel anak sekolah juga cucoook loh sayang si kakak gak doyan hahaha. Paling dicomotin keju atasnya doang sama dia. Duhhh si kakak mah susah deh kalau kue2an gini, beda sama adeknya yang selalu mangap dikasih kue2an apapun hihihihi. Yuk dicoba yuk buat sarapan besok😆😆

Advertisements

7 thoughts on “Resep ; Muffin Keju

    • Manjo dang beking ulang kakpy ni resep anti gagal kwa mar jgn overmix aduk depe adonan neh asal so basah aja depe bahan kering itu. Semangat2 memang musti coba lebe dr skali spy lebe yakin😆😆😆

      Like

    • Sesuai selera aja sih, kalau yg dipotong dadu memang pas digigit berasa keju2nya gitu kan. Kalau diparut berasa juga tapi gak berasa kaya gigit kejunya gitu hahahaha. Itu aku ada yg diparut dan dipotong dadu juga utk dalemnya krn aku sukanya berasa bgt kejunya hehehe😆😆

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s