Breastfeeding Journey Part 2

Part 1 nya udah gue posting dulu banget yah, klik disini aja Sebenernya gue bingung sih kasih judul apa makanya pake judul yang sama aja deh tapi part 2nya. Hehehe. Masih seputar perjalanan menyusui juga soalnya. Sebelumnya tolong jangan mikir gue posting ginian mau pamer dll ya. Masih bisa menyusui si Alvin sampe sekarang ini itu salah satu pencapaian tersendiri buat gue, semoga gak gimana2 ya. Gue cuma berniat sharing aja kok, syukur2 kalau bisa menyemangati ibu2 menyusui lainnya.

Sejak gue mulai menyusui si Alvin, jujur gue punya niat untuk bisa sampe 2 tahun. Biasaaaa ekspektasi ibu2 padahal belum tentu kan realitanya ntar bisa sama. Hahaha. Pemikiran gue namanya niat yang bagus kok pasti ada jalannya. Oke sip.

Makin kesini, apalagi makin banyak sharing sama buibu blogger grup, gue pun mulai mengecilkan target gue jadi gak muluk2 amat dulu. Gue lupa waktu itu siapa yang ngomong tapi yang jelas gue juga langsung merubah target gue, yaudah deh kita jalanin sampe 6 bulan dulu lulus ASI Eksklusif. Selanjutnya liat nanti aja.

Keputusan gue gitu pun ternyata ada benernya karena kenyataannya menyusui itu gak segampang buka baju trus anaknya langsung hap yah. Buanyak banget drama2 yang harus dilewati. Walau gue harusnya memang bersyukur sih ASI langsung keluar lancar abis lahiran dan anaknya sehat.

Tapi drama awal2 macem begadang, trus capek nyusuin duduk (waktu belum belajar nyusuin tiduran), trus nipple lecet, belum lagi makin kesini makin berasa kaya ini gue kapan bisa bebasnya yah dikit2 harus ditemplokin untuk nyusu hahahaha. Itu semua suka kadang2 bikin gue pengen nyerah trus keluar beli sufor😅😅😅 Jadi dengan membuat target yang gak muluk2 banget itu lumayan membantu yah. Karena kalau udah mikir mau nyerah suka malah jadi aduh tapi tanggung yah dikit lagi lulus ASIX, gitu2 deh kurang lebih.

Lulus S1

Target pertama lulus ASIX 6 bulan akhirnya terlewati. Senang dong akhirnya targetnya berhasil. Terus abis itu gue bikin target baru lagi, yuk kita lanjutin sampe 1 tahun. Dan perjalanan dari 6 bulan sampe 1 tahun itu juga gak mulus begitu aja.

Si alvin ini dari 7 8 bulan udah gak mau minum ASIP. Jadi gue udah pensiun dari dunia perpompaan. Sedangkan stok ASIP gue di freezer masih lumayan banyak. Dan gak mau banget sampe akhirnya kebuang. Perjuangan ituhhhh nakkkkk mompanya😂😂 nyari2 donor juga gak gampang. Akhirnya gue merelakan ASIP2 itu untuk didonorkan ke panti asuhan yang membutuhkan. Seneng sih bisa berbagi, tapi terus gue mikir kalau pas gue harus pergi2 anaknya gak nyusu dong. Berarti gue semakin lama lagi dong bakal bisa bebasnya huahahaha.

Juga mulai dia tumbuh gigi nih pas 9 bulanan munculah drama gigit-menggigit nenen yang aduhaiiiiii rasanyaaaaaaaa😤😧😤😧 Nah saat2 itulah gue semakin pengen nyerah karena hampir setiap kali nenen itu pasti dia gigit. Jadi gue sempet merasa waktu menyusui itu jadi horor dan deg2an lagi karena takut digigit. Pernah gue sampe nangis sesegukan sangking sakitnya trus anaknya malah ketawa2 aja dong. Tapi gak lama liat gue nangis eh dia langsung mukanya melas gitu trus jadi anteng dan sayang2 gue. Huaaaa luluh lagi deh emaknya. Jadi bener2 nggak ada hentinya gue sounding2 terus untuk gaboleh gigit juga tega ga tega kadang pencet hidungnya biar dia lepas. Tapi ini beneran ampuh karena sampe sekarang udah jarang banget dia gigit2😁😁

Trus akhirnya target 1 tahun ASI pun berhasil dilewati sampai saat ini anaknya minumnya masih ASI. Jumlah dan frekuensinya udah berkurang memang karena dia udah makan juga kan. Tapi tetep aja kalau mau tidur kudu nenen dulu baru anaknya tidur.

Lulus S2

Cuma gimanapun yah walau gue kadang suka mikir untuk stop ASI, sebenernya guenya juga belum ikhlas sih. Selain belum ikhlas untuk ngeluarin duit beli sufornya hahahaha juga belum ikhlas aja melepaskan ketergantungan dia sama gue untuk nyusu. Bukan berarti gue anti sufor yah. Gue percaya mau sufor atau ASI pasti semua keputusan ibunya udah yang paling baik untuk anaknya. Belum siap aja kalau anaknya gak nempel sama gue lagi karena udah gak nenen. Hahaha *kembali jadi mamak lebay*  Jadi walaupun selalu ada pemikiran pengen stop tapi trus balik lagi mikir enggak deh jalanin aja dulu lagian ASInya juga masih ada masa di stop. Sementara banyak ibu2 diluar sana yang masih berjuang demi anaknya dapet ASI. Terutama ibu2 e-ping yang mana gue salut banget deh sama mereka. Masih tetep bisa konsisten mompa demi anaknya dapet ASI.

Gue masih sangat2 menikmati moment2 menyusui dia. Apalagi sekarang anaknya udah lebih ngerti kan. Jadi kalau gue udah bilang nenen yuk terus dia langsung ketawa2 happy gitu dan bahkan suka langsung narik2 baju hahahaha. Gemesssssss😍😍😍

Juga karena gue memang merasa manfaat dari ASI itu sendiri yah anaknya jarang banget sakit. Sekali2nya dia sakit sampe lama itu ya baru waktu setahun itu. Batuk pilek sampe 2 minggu. Sebelum2nya paling cuma demam2 biasa yang sehari juga ilang atau meler2 dikit besokannya udah enggak. Sama ya demam2 abis imun aja. Jadi bukan berarti anak ASI gak bisa sakit yah hahaha, cuma berasanya lebih jarang aja karena biasanya kalau ada yang batuk pilek dirumah pasti serumah kena, eh tapi si dedek gak kena.

Jadi sekarang setelah melewati target 6 bulan dan 1 tahun, target baru gue adalah sampe 2 tahun. Gue gak tau kedepannya bakal gimana dari sekarang sampe nanti 2 tahun. Bakal ada drama2 apalagi. Tapi balik lagi sih walau target sampai 2 tahun yah gak ada yang tau juga kan. Jadi sekarang gue udah lebih santai lah, yang penting udah beres setahun. Kalau memang masih bisa sampai 2 tahun yaudah yuk dijalanin tapi kalau misalnya pun harus berhenti ditengah jalan gak masalah juga.

Sekarang2 ini anaknya udah gue ajarin minum fresh milk, kan lumayan yah kalau lagi pergi2 trus gak bisa nyusuin bisa bawa susu uht aja. Gue masih kasih yang plain ya alias gada rasa hahaha. So far dia doyan2 aja sih😃😃

20161008_145803

Yeayy lulus S2 ASI!!!

So, mari berjuang lagi sampai target terbaru. Intinya ya jalanin aja sih dan jangan kepikiran banget. Justru makin dipikirin malah bakal berasa lebih berat. Semangat buat ibu2 menyusui diluar sana💪💪💪

10 thoughts on “Breastfeeding Journey Part 2

  1. yeaaayy. congratsss alvin! Re, Mira yang ngomong. karena mira jg, gua merubah target. emang kalo ngebayangin 2 tahun kayanya berat yaaa.. tapi doi kasih tau.. yang penting hari ini, bisa asi, besok ya dicoba lagi. eh lama2 jadi bisa deh 1 tahun jg. hehehe. Semangattt!

    Like

    • Ohhh iya poyyy mira yg ngomong yaaah. Tapi beneran sih emg target gausah muluk2 yang penting jalanin aja dulu. Cukup buat hr ini besok dan besok selebihnya jalanin aja. Hahaha thanks ya poyyy

      Like

  2. emang kalo pasang target jangan ketinggian… aku juga dulu 6 bulan dulu, trus lanjut lagi 1 tahun, sisanya mah asal anaknya mau ya hayok, engga ya udah, eh nyampe juga tuh 2 tahun… kelebihan malah… ini ampe sekarang belom disapih2 hahahaha…

    Like

    • Iyeshhh kakmel. Skrg udh beres setahun udh lebih santai sih. Anaknya masih mau ya ayoook, malah aku ga kebayang nih ntr pas nyapih krn aku yg bakal baper kayanya hahahaha😂😂😂

      Like

Leave a Reply

