Anak SD

Postingan super telat, berhubung udah lama di draft, posting dulu deh yang ini.

Udah lama gak nulis tentang si Kakak. Kali ini cerita2 tentang kakak dulu yah. Kebetulan banget weekend kemarin ada acara gathering di sekolahnya, terus ada seminar singkat juga tentang parenting. Dan satu poin dari si pembicaranya adalah menulislah tentang perkembangan anak2. Entah itu di notes, diary, atau kaya blog gini. Karena itu bakal jadi sesuatu yang sangat berharga kedepannya, bisa jadi reminder juga buat orang tua. Jadi gue setuju banget yah, bahkan sebelum gue denger dia bilang gitu pun gue udah nulis tentang anak2 kok hahaha. Tapi ya balik lagi kalau nulis di sosmed gini tentu aja banyak hal yang harus diperhatikan dong yah. Karena kan sangkutannya sama anak2 dan keluarga. Kalo gue sih yang penting masih dalam tahap wajar aja sih. Jadi ya balik ke preference masing2 aja deh yah. Terus jadi keingetan pengen bikin blog khusus anak2, tapi nanti dulu deh belum yakin bakal terurus😅😅

Back to the topic. Mau cerita si kakak aja prolognya panjang bener yah hahaha..

Anyway, si kakak udah jadi anak SD tahun ini. Waktu pertama masuk sekolah trus emaknya dong yang galau yaampun masa iya udah SD aja, udah pake seragam merah putih huhuhu.. *mamaklebay* *terus kepikiran tau2 ntar lagi pake putih biru, putih abu2* yaelah kelewat lebay yah emaknya hahaha maapkaaan😂😂

Anak SD

Dari pertama masuk sampai hari ini anaknya keliatan enjoy di sekolah. Emang sih masih belum bisa disiplin terus, masih harus sering diingetin dan diomelin dulu hahahaha. Karena sekarang udah SD kan tentu aja beda dong kaya waktu masih TK. Sekarang pulang sekolah jadwalnya harus teratur. Makan siang, tidur siang, bangun sore gak pake main keluar langsung mandi dan bikin pr terus belajar. Jadi dia sekarang boleh main keluar hanya weekend aja. Makanya anaknya nunggu2 hari Jumat banget karena sorenya boleh main keluar hahaha. Yaabis kalau gak begitu dia nggak belajar disiplin dan nanti jadi kecapean trus gak belajar. Ya walau dirumah juga tetep dia masih sering main sih yah.

Walaupun baru kelas 1 tapi menurut gue kurikulum sekarang ini udah lumayan loh dan beda sama jaman dulu. Buku aja sekarang dimana2 pakenya tematik. Yang mana semua pelajaran udah jadi satu dalem 1 buku itu. Lebih simple sih jadi ke sekolah bawaan gak berat2 kaya jaman dulu hahaha satu mata pelajaran bawa buku cetak trus ps pr. Dan satu hari bisa 3 – 4 pelajaran hahaha. Sekarang udah lebih simple. Tapi gue baca2 isinya juga udah lumayan sulit. Makanya bener deh anak kalau gak dibantu belajar dirumah juga bakal ketinggalan. Si kakak dari sebelum mulai SD udah lancar baca dan nulis. Jadi lumayan membantu yah pas udah sekolah. Paling dia mah tinggal belajar lebih rapih aja karena kalau nulis sukanya buru2 trus berantakan hahahah. 

Manalah sekarang dia pulangnya aja siang. Belum lagi dalam seminggu ada 2 hari pelajaran tambahan, dan 1 hari eskul setelah jam pulang sekolah. Jadi pulangnya makin siang. 

Si kakak nih setiap hari pasti ada pr. Jadi setiap habis mandi sore dia selalu ngerjain pr. Habis bikin pr gue bilang belajar lagi kan. Kalau gue lagi gak ngurus adeknya sih kadang gue suka ajarin dia. Tp kalo gak diajarin atau ditemenin dia gak mau belajar malah main hahaha. Ya gapapa deh namanya juga baru masuk SD kan, tapi sebisa mungkin gue selalu ingetin untuk belajar lagi atau ulangin yang udah dipelajarin di sekolah tadi. Dan setelah belajar atau ngerjain pr doang, gue udah ajarin dia untuk siapin buku2 buat besoknya. Dari awal masuk SD udah gue ajarin kaya gitu dan sampe sekarang masih dilakuin sama anaknya.

Ya kalau yang gue perhatikan sih emang anaknya mulai kelihatan lebih disiplin walau masih banyak gak disiplinnya. Tapi namanya juga belajar kan. Istilahnya penyesuaian deh, harapannya makin lama makin bisa disiplin yah kak. Hal2 simple aja kaya pulang sekolah jadwalnya harus apa2 makin kesini dia udah makin aware. Gue juga kan kasih beberapa tanggung jawab untuk dia supaya anaknya belajar. Hal2 kecil aja sih kaya rak buku sekolah harus rapih, buku2 untuk sekolah gak boleh berantakan dan kotor atau dicoret2. Juga pencil case dia isinya gak boleh berkurang jadi habis pake mesti balik ke tempatnya. Dan lagi kan udah dipisah alat2 tulis untuk dirumah dan sekolah ada sendiri2. Juga segala perintilan dia kaya dasi, topi, dllnya harus selalu balik ke tempat setelah dipake. Gitu2 aja sih tapi maksud gue sekalian ngajarin dia tanggung jawab juga menjaga barang2nya kan.

Gue sih berharap dia akan selalu enjoy ya sekolahnya dan makin kedepan jadi makin baik. Dan semoga guenya juga tetep bisa mendampingi dan ngajarin dia, tapi ntar kalau udah yang susah2 minta ajarin daddy aja yah kak✌✌ hahahahaha

Have fun yah kak sekolahnya😘😘

5 thoughts on “Anak SD

Leave a Reply

