Manajemen MPASI

Judulnya udah keren banget yah like a pro hahahaha kidding buibu. Cuma mau share aja sih mengatur jadwal MPASI dan belanja2annya juga. Buat ibu2 pasti demen banget kan namanya belanja hahahaha.

Sebelum dedek MPASI gue sih emang selalu belanja mingguan juga bulanan. Cuma ya kadang2 gak fix tiap minggu juga santai aja kalau udah habis banget baru gerak. Tapi sejak dedek mulai makan, jadwal belanja mingguan gak pernah gue lewatin. Maklum yah sekalian hiburan dikit emaknya grocery shopping. Cuci cuci mata gitu kan hahaha. Makanya gue paling semangat deh kalau judulnya udah grocery shopping apalagi sejak dedek makan pasti tiap minggu bakal belanja.

Sebenernya walau tiap minggu belanja, kadang pagi2 gue juga suka minta tolong si mbak beliin sayur di tukang sayur sih. Apalagi kalau udah hampir2 akhir minggu dan di kulkas udah mulai kosong. Jadi ya gue fleksibel aja gak harus selalu belanja ke supermarket, bisa juga ke tukang sayur atau ke pasar. Tapi untuk buah2an pasti beli di supermarket dan ini gak boleh absen karena si dedek pemakan buah begitu juga dengan bapaknya hahaha dan emang gue selalu biasain makan buah setiap hari, so harus selalu punya stok buah dirumah.

Biasanya kalau ke supermarket, gue akan beli bahan2 untuk MPASI dedek selama seminggu. Sebelum pergi belanja, gue suka bikin notes di hp apa2 aja yang sekiranya bakal gue kasih untuk dia makan. Kadang kalau lg kerajinan sekalian menunya gue buat, tapi belakangan karena belum tentu semua bahan yang gue mau selalu ada, jadi gue cuma bikin notes aja bahan2 yang mau dikasih. Nanti kalau udah ada semua baru deh mikir untuk di mix2 menunya setiap hari. Buat list belanja deh, supaya gak bingung juga mau beli2 apa.

Contoh aja yah ini misalnya yang gue beli untuk makanan dedek seminggu. Biasanya gue beli beberapa sayuran dikira2 aja sih jangan sampai kebanyakan juga karena sayang kan kalau kelamaan di kulkas malah rusak. Kecuali kalau untuk masak makanan dirumah juga baru gue beli banyakan. Paling 3 sampai 4 jenis sayuran yang bisa bertahan di kulkas. Macem wortel, jagung, brokoli, kembang kol, labu2an itu paling sering gue beli. Kalau sayur daun2 hijau gue beli biasanya untuk langsung dimasak entah besok atau lusanya atau secepetnya deh. Biasanya juga gue pilih sayur daun hijau yang bertahan agak lama kaya pakchoy atau caisim. Terus buah2an dikira2 juga paling gue beli beberapa macem biar bisa di mix2.

Wah banyak banget dong belanjanya? Enggak kok bener deh, anak bayi itu kan makannya gak terlalu banyak jadi belinya juga gak usah banyak2 yah. Awalnya gue juga sempet mikir ih masa belinya dikitt doang hahaha tapi makin kesini karena pengeluarannya juga lumayan jadi biarin aja belinya dikit yang penting kemakan, daripada sayang rusak di kulkas gak kemakan kan. Jadi gue santai aja beli kiwi 1 biji, zuchini 1 biji karena gede dan bisa dipake untuk beberapa kali makan hahaha kecuali kalau pas lagi banyak sale yah di supermarket XD

photogrid_1465097108174.jpg

Belanja bahan MPASI untuk seminggu

Begitu sampai dirumah sebisa mungkin gue langsung rapihin semua belanjaan. Buah2an dicuci bersih dan masuk kulkas. Sayur2an daun hijau biasanya gue pretelin ambil daun2nya aja cuci bersih (di air mengalir ya buibu) dan tirisin terus masukin ke plastik atau wadah tertutup tapi gak usah rapet2 banget. Kalau di plastik, plastiknya dibolong2in dikit yah biar ada udara. Sayur2an lain juga gue cuci bersih lalu masuk2in ke wadah masing2. Kalau brokoli dan kembang kol rendem dulu di air garam terus bilas dan masuk ke wadah. Ada juga yang suka gue potong2in biar pas mau masak tinggal ambil aja. Nah buat buah2an kan gak mungkin yah sekali makan sebiji, apel aja contohnya 1 buah itu bisa untuk beberapa kali makan. Jadi kalau 1 buah dipotong dan masih sisa, biasanya gue plastikin lagi pake plastik wrap aman bisa tahan semingguan. Begitu juga buah2 lainnya yang dipotong dan nyisa, tinggal pakein plastik wrap aja yang rapet yah biar awet.

Untuk protein, biasanya juga gue beli untuk seminggu. Atau kadang omanya juga suka beliin sih pas ke pasar. Langsung gue potong2 sesuai porsi sekali makan dan masukin ke plastik klip satu2. Kenapa gitu? Iya supaya gak keluar masuk freezer berkali2 karena daging atau ikan yang beku dan dikeluarin dari freezer sebaiknya jangan dibekuin lagi, bakterinya bisa jadi lebih banyak (selanjutnya googling lagi aja ya) Jadi kalau dimasukin ke plastik2 klip sesuai porsi sekali makan, tiap mau masak tinggal ambil aja satu2. Oh iya gue pernah baca ukuran protein untuk bayi itu kira2 sebesar telapak tangan dia, jadi gapapa banget lho buibu beli salmon 1 pcs aja terus dipotong2 untuk beberapa kali makan, irit kannnn huahahaha XD

photogrid_1465097064651.jpg

Sayuran yang udah dicuci bersih siap masuk kulkas, mau masak tinggal ambil

photogrid_1465180319521.jpg

Ikan yang udah dipotong2 porsi sekali makan langsung masuk freezer

Setelah udah ada semua bahannya, tinggal di mix aja deh setiap harinya. Dedek masih makan bubur saring, jadi masih masak pake slow cooker yang mana gampil banget hahaha. Review peralatan masak termasuk si slow cooker takahi ini nanti menyusul yah.

Untuk jadwal makan, di 8 ke 9 bulan ini si dedek masih 4x makan. Sarapan jam 8an biasanya buah atau campur oat couscous pokoknya yang agak berat deh. Makan siang dan malem bubur saring dengan menu yang sama. Gue selalu usahain menunya 4 bintang, selalu ada karbonya, protein hewani, protein nabati, dan sayurnya. Malah gue selalu bikin sayurnya lebih dari 1. Biar bervariasi aja sih, dan dia makan berbagai jenis sayuran. Biar doyan sayur2an anaknya hahahaha. Makan siang antara jam 12 – 1 siang, makan malam jam antara jam 6 – 7malem. Sama 1x lagi snack sore biasanya jus buah2an sekitar jam 4 habis bangun tidur. Atau kadang juga snacknya bisa gue bikin sendiri kaya puding buah, puding roti macem2 cemilan deh.

photogrid_1465100262459.jpg

Itu contoh menu MPASI Alvin seharian. Sarapannya alpukat pisang couscous kismis dan keju. Makan siang dan malem bubur saring menunya beras putih jagung manis pakchoy zuchini tomat dan ikan (maap lupa ikan apa difoto itu) Snack sorenya jus buah melon pepaya pear dan yogurt. Dengan gue set menunya kaya gitu, si Alvin pupnya lancar biasanya sehari sekali. Kadang 2 hari sekali. Pernah sih rada sembelit, ini bikin deg2an deh soalnya sedih banget liat anaknya susah pup jadi sebisa mungkin setiap hari harus ada sayur buah yang masuk biar lancar terus pupnya. Sedikit info buah2an yang ampuh untuk mengatasi susah pup itu pear prunes melon peach. Udah dicoba dan di Alvin berhasil hehehe. Jadi kalau mulai rada sembelit langsung deh buah2an itu to the rescue😂😂

Nah segitu dulu deh ya tentang mpasi kali ini, nanti kalau ada yang lain harus gue tambahin, gue update lagi.

Advertisements

11 thoughts on “Manajemen MPASI

  1. Rereeee aku saluuuttt *sembah sujud* hahahaha. Rapi banget! Gue baru tau juga loh soal makanan yang udah masuk freezer trs dikeluarin mendingan jangan masuk ke kulkas lagi. Aih nambah wawasan banget deh ini postingan. Makasih infonya Re :*

    Like

    • Hahahhaa enggak ah lip.. iyah gue udh tau sih emg sebaiknya jgn keluar masuk freezer tp pas lg baca dimana gitu dijelasin deh kenapanya, makanya lbh bagus dibikin porsi2 sekali makan aja. Sama2 lip☺

      Like

  2. Sama kayak olip, gw jg saluuuut. Buat masak menu2 baby, ternyata mesti kreatif mikirin menu apa yg mau dimasak, mikirin dr sisi protein nya gmn, dst.. 😍

    Like

    • Hahahaha maacih ya chyn.. iya chyn emang mesti super kreatif mikirin mix2 menunya supaya anaknya juga gak bosen kan. Tp sebenernya masak makanan bayi itu ga sesusah gimana kok jd sebisa mungkin ksh makanan homemade😊

      Like

  3. Duh re…Rapiiih bangett…diriku jadi irii…mhiihihihi Re, tanya dunk sayuran kayak pokchoi klo udah dicuci duluan ga layu ya re? nah klo udah dicuci gitu tahannya brp lama? mao coba juga nih re, lumayan ngiirit waktu ya jadinya, apalagi g mesti masak makanan ryu pagi-pagi sebelom berangkat kerja…

    Like

    • Hahahaha enggak nat gue mah berantakan juga. Gak layu kok nat, makanya gue seringnya beli sayur daun hijau yg tahan agak lama kaya pakchoy atau caisim tp yg organik nat. Cuci bersih abis itu tirisin sebisanya smpe agak kering baru masukin di wadah nat. Biasanya bisa sampe 4 5 hari kok. Iya enaknya gt mau masak tinggal ambil jd irit waktu😊

      Like

  4. Semangat terus yah Re….untung masa2 gw kaya gitu udah lewat huahhahahaa…jadi inget dulu beli kontainer sampe berapa biji, per kontainer isinya beda2 dari ayam cincang, babi cincang, sapi cincang, ceker, udang, ikan salmon hahahaha skrg kontainernya buat isi lego anak2 *turun kasta* hihihi

    Like

  5. aku juga dagingnya dibungkusin plastik gitu… tapi kalo sayur ga dicuci dulu, langsung masuk kulkas… begitu mau masak baru dicuci dulu… buah sama telor yang dicuci… kalo gua dari dulu bahannya disamain sama orang gede… misalnya gua masak tahu atau cah buncis, ya jayden makan yang sama… biar ga dua kali beli hehehehe… paling beda2 sedikit doang hehehe…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s