Review MPASI 7 Bulan

Berhubung ini postingan udah ada di draft dari si dedek  bulan tetep di post aja yah untuk catatan walau udah telat, sekarang anaknya udah mau 9 bulan ahahaha..

Sebenernya MPASI di 7 bulan ini gue gak ribet2 banget sih. Tau kenapaaaaa? Karena gue diselamatkan oleh si slow cooker kesayangan takahi itu. Asli itu slow cooker super duper membantu banget deh. Kalau gak ada itu kayanya gue bakal males2an bikin makanan si dedek. Dan lagi sumber utama penyemangat gue adalah si dedek sendiri yang makannya pinter bangetttttt. Kan jadi maminya semangat yah tiap hari berkreasi bikin menu karena anaknya doyan makan 😀

Nah di 7 bulan ini dedek Alvin udah mulai makan bubur saring. Frekuensinya masih 3x, pagi makan buah atau campur oat dllnya. Siang dan malam makan bubur saring. Untuk tekstur makanannya udah gue naikin sedikit sih agak kentel dan sedikit kasar. Emang sih gue masih pake blender karena itu saringan kawat kecil kan terus kalau buburnya banyak disaring pake itu pegel banget bokkkk hahahhaa. Jadi habis buburnya mateng, gue blender kasar dikit. Pelan2 belajar agak kasar biar ntarannya gampang makan nasi yah dek.

Kaya gue bilang tadi, si Alvin ini doyan makan. Di 7 bulan ini udah lebih banyak jenis makanan yang gue kasih coba ke dia. Sayuran udah lebih bervariasi, buah2an juga tambah banyak dan yang paling penting gue udah kasih dia protein. Banyak yang bilang kan ntar dulu protein dikasihnya 8 bulan aja. Tapi balik lagi sama keyakinan ibu2 sendiri aja hahaha gue sih kasih protein ke dia karena banyak yang gue baca2 kan sebenernya ketika mulai makan pun bayi itu butuh banyak asupan yang udah gak didapetnya dari ASI. Jadi sebisa mungkin dikenalkan banyak jenis makanan termasuk protein supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Tetep sih gue pake aturan 2 hari untuk kasih protein ini, tapi so far dia gak pernah ada alergi jadi gue dengan yakin kasih coba protein ke dia. Eh anaknya malah makin doyan. Ikan ikanan yang tadinya gue pikir dia gak bakal doyan, ternyata malah doyan banget. Rada amis2 pun dihajar sama dia. Good nakkkk!!!

Si Alvin ini yah rada aneh deh, kalau makanannya manis gitu dia gak doyan bisa uek2, tapi giliran asem, langu gitu dia malah doyan hahaha. Makanya setelah gue liat2 kalau untuk buah2an yang gue mix gitu masih bisa dia ada gak sukanya. Paling dimakannya dikit atau makannya gak bersemangat gitu. Kecuali dicampur oat atau couscous udah pasti habis hahaha. Tapi kalo udah bubur saring, mau dicampur apapun, sayur apapun juga dia tetep doyan dan makannya lahap banget. Makanya ada beberapa kali sarapan pagi dia makannya gak banyak ya gak gue paksa, biarin aja ntar juga pas makan siang pasti habis hahaha..

Ada yang nanya ke gue gini, kok rajin amat sih foto2in menu mpasinya tiap hari? Huahahaha ya biar ada kerjaan aja dan lagi bisa berbagi kan siapa tau ada yang butuh ide2 untuk mix2 menu mpasi anaknya. Soalnya gue juga banyak cari referensi menu kok dari postingan ibu2 lain di sosmed. Jadi biar bisa sama2 sharing aja. Dan yah itu tadi kenapa gue semangat banget nyiapin dan masak makanan si dedek karena anaknya doyan makan, kan happy dong emaknya kalau anaknya makan masakan emaknya dengan lahap hehehe.

Soal makan si Alvin masih betah duduk di high chair. Tapi kadang suka gue pindah2 posisi sih gak selalu di meja makan. Kadang2 juga duduk di bouncer makannya. Untuk menunya juga sebisa mungkin tiap hari gue bikin beda2 bahannya supaya rasanya juga kan beda2 yah jadi anaknya surprise gitu dan semoga gak bosen yah nak.

Gue list apa aja yang udah gue kasih ke dia disini yah. Yang warna merah baru dikasih pas 7 bulan ini, kalau yang hitam udah dari 6 bulan pas mulai makan.

mpasi7bln

Nah 8 bulan ini gue tambahin 1x snack sore. Snacknya bebas aja sih tapi lebih seringnya buah2an aja dan bisa juga ganti2 sama cemilan2 lain. Sekarang harus lebih sering lagi browsing2 dan cari2 referensi menu makanannya biar gak bosen. Oiya yang mau liat contoh menu2 MPASI Alvin boleh banget loh liat di album fb gue, siapa tau butuh untuk referensi kan hehehe langsung klik disini aja yah… Tetep pinter2 makannya yah nakkk..

13 thoughts on “Review MPASI 7 Bulan

  1. Hebat lo Ree, gw mah gak serajin lo waktu Jevan MPASI..
    Skrg mah Jevan menunya udh sama kaya kita tp gak pedes n nasinya dibikin agak lembek..
    Gw jg dulu dibantu sm slowcooker sih Re kalau gak mah ribet sndiri..
    Alvin pinter makannya ya, semoga seterusnya begitu..
    Dulu Jevan sampe setahun doyan bgt apa aja hap hap, tp skrg susah bgt makannya ngemut lama bisa sampe ketiduran nasi masih dimulut wkwkwk..

    Like

    • iyah nol slow cooker membantu bgt kan yah.. nah itu makanya gue skrg lg deg2an nunggu gtm anaknya soalnya belum ada gigi hahaha tapi semoga gak parah bgt deh ya dan tetep pinter makannya. ayo abang jevan semangat jg makannya 😀

      Like

  2. rata2 anak ASI kayaknya gitu, ga suka yang manis2… jayden juga ga suka makanan manis… malah sukanya yang pait gitu hahahaha… trus kalo daging2, jayden malah uda dikasih dari umur 6 bulan hahahaha… untung anaknya baik2 aja… dan doyan semuanya, apalagi babi, paling doyan dah hehehehe…

    Like

Leave a Reply

