Baby Sleep Training

Gue bikin postingan ini berdasarkan yang pernah gue baca di whattoexpect.com dan udah gue terapin juga sih ke si Alvin. Terus berhasil gak? Berhasil dong makanya mau gue share disini. Siapa tau ada yang mau nerapin sleep trainning ke anaknya juga.

Perlu diingat bahwa sebenernya kalau masih newborn banget sampe paling gak sebulan deh, itu yang namanya begadang yah masih wajar yah. Wajar banget. Gue udah melalui masa2 itu yang mana siang jadi malem, malem jadi siang. Karena anaknya kalau siang tidur anteeeeeeng banget, giliran malem melek seger. Yah alamat lah begadang mulu *dadah2 ke mata panda* Gak usah ditanya deh, hampir semua orang tua yang baru punya bayi pasti ngalamin yang namanya begadang.

Bayi itu kan masih butuh waktu untuk tidur kira 14-15 jam dalam sehari. Itu perlu dibagi2 tuh misalkan tidur siang 6 jam tidur malamnya 9 jam. Tidur siang 6 jam itu juga dibagi lagi, maksudnya gak dihajar langsung selama 6 jam gitu. Setelah gue baca2 emang banyak banget trik2 untuk melatih anak biar bisa tidur malem anteng. Itu pun udah bisa dimulai sedini mungkin. Gak ada kata terlambat, jadi begitu tau caranya langsung coba praktekin deh. Win win solution juga kan, karena bayi mesti dapet waktu tidur yang cukup, begitu juga orang tuanya biar bisa istirahat.

Masuk 2 bulan, si Alvin akhirnya berhasil tidur semaleman anteng. Paling bangun sekali untuk nyusu abis itu tidur lagi. Tapi jarang banget, seringnya sih dia tidur sampe pagi. Dengan catatan siangnya dia gak kebanyakan tidur yah. Jadi kalau siang gue ajak dia main2. Semua itu bisa berhasil karena gue menerapkan sleep training ke dia sejak sebulanan. Emang sih gak langsung berhasil, dan banyak banget dramanya tapi once it works, life will be so much easier! Beneran hahahaha πŸ˜€

Nih gue coba rinci ya cara2nya..

  • Latih membedakan siang dan malam

As soon as possible coba lah ajarin bayi untuk membedakan siang dan malam. Caranya gimana? Kalau siang2 ajak main misalnya, dan bawa keluar supaya dia liat terang2 gitu. Dan dengerin musik dan suara2 lain untuk membiasakan dia kalo siang itu berisik (maksudnya banyak suara2 lain). Sedangkan waktu malam, coba tidur dengan lampu yang remang2. Pake lampu tidur misalnya, dan usahakan jangan terlalu berisik. Jangan ada suara TV, lagu atau apapun yang berisik. Supaya dia bisa belajar kalau malam itu hening suasananya. Begitu juga kalau ganti popok malem2 usahakan jangan banyak2 ajak ngobrol si bayi.

  • Lakukan rutinitas sebelum tidur

Coba bikin rutinitas sebelum tidur untuk si bayi. Yang gue lakuin ke si Alvin nih ya, tiap udah bed time, gue akan bawa dia ke kamar, lap2 badannya biasanya pake tissue basah aja biasanya, gantiin piyama tidur, ganti diapers, matiin lampu dan nyalain lampu tidur, terus susuin, habis itu taro di boxnya. Ulangin rutinitas kaya gitu setiap hari di jam yang sama ya supaya bayi lama2 bisa belajar oh kalau udah rutinitas kaya gitu artinya udah waktunya untuk tidur.

  • Usahakan posisi dan tempat bayi tidur jangan berubah2

Ini juga penting nih, pokoknya sebisa mungkin diusahakan supaya tempat tidur bayi gak berubah2. Misalnya dia tidur di box ya di box terus supaya dia terbiasa. Dan keadaan kamar pun jangan berubah. Kalau dari awal matiin lampu ya jangan tengah2 dinyalain. Pokoknya mesti kaya keadaan awal pas mau tidur sehingga seandainya dia bangun tengah malem gak kaget karena udah berubah (lampu nyala, atau udah pindah tempat ke kasur)

  • Bila bayi terbangun tengah malam, jangan langsung diangkat dan digendong

Ini sih yang agak drama, awal2 si Alvin sering kebangun tengah malem dan nangis. Karena gak tega pasti langsung digendong kan. Tapi gue coba diemin sebentar, atau kadang hanya gue samperin ke boxnya dan tepok2 sambil nyanyiin lagu. Makin kesini dia bisa balik tidur sendiri lagi. Emang sih awal2 pasti anaknya tetep bakal nangis dan kalau didiemin aja makin nangis kejer, kalau udah kaya gitu boleh deh digendong terus disusuin. Tapi sebisa mungkin tetep usahakan jangan langsung digendong. Biar bayi bisa belajar tidur sendiri lagi.

  • Β Disiplin dan konsisten

Setelah coba ngelakuin semua hal diatas, mulai lah untuk nerapin disiplin baik ke si bayi maupun ke kita sendiri. Latih bayi untuk belajar disipin mulai dari atur rutinitas untuk bayi setiap harinya dan konsisten untuk ngejalaninnya setiap hari. Jangan sampe malah kitanya yang males2an dan gak ngikutin jadwal. Berdasarkan yang gue baca baby loves routines kok. Jadi coba kita ajak si bayi untuk mulai disiplin sama jadwal yang kita buat, dan kitanya juga mesti konsisten untuk jalaninnya.

Gue gak bilang kalau si Alvin udah super disiplin dan gue juga gak bilang kalau cara gue ngurus dia udah paling bener ya. Gak ada bener atau salah kok soal parenting. Karena setiap anak kan beda2. Tapi si Alvin yang gue liat sekarang ya dia udah bisa ngikutin jadwal yang gue buat, dan kalau lewat dikit anaknya ngamuk2 karena udah terbiasa. Pagi dia biasanya bangun jam 6 7an langsung gue susuin. Terus biasanya tidur lagi, atau kalau gak tidur lagi dia main2, terus biasanya gue susuin lagi baru mandi jam 9. Habis mandi biasanya dia nap pagi jam 10an. Bangun siang jam 12 nyusu lagi terus main2. Jam 2 nyusu lagi terus nap siang. Sore jam 4 bangun, jalan2 keluar rumah sebentar. Jam 5 udah gue mandiin sore. Biasanya habis mandi sore dia tidur sebentar sampe maghrib abis itu udah gak tidur lagi sampe jam tidur malamnya which is biasanya jam 9an. Karena udah terbiasa dengan rutinitas yang kaya gitu, kalau telat dikit aja pasti anaknya ngamuk misalnya telat mandi pagi atau mandi sore, telat nyusu, telat rutinitas tidur. Jadi mesti disiplin juga kitanya.

Memang butuh usaha dan pengorbanan banget untuk bener2 bisa konsisten jalanin semua rutinitas itu setiap hari. Tapi sekali berhasil berasa banget kok jadi lebih mudah karena dengan sendirinya bayi akan terbiasa. Kalau pergi2 gimana? Usahakan juga jangan lepas dari jadwal yang udah ada. Misalnya pergi2 ya usahain pulang sebelum jam tidur dia, atau kalau pergi2 nginep ya usahain tetep lakukan rutinitas seperti biasanya. Yang paling penting rutinitas sebelum tidurnya dia itu. Pernah beberapa kali si Alvin gue bawa pergi dan pulangnya malem, anaknya udah ngamuk2 dari jam 9an karena dia udah biasa jam segitu udah mesti tidur. Kalau siang2 sih gapapa ya walaupun misalnya kita pergi2 sama dia kan dia tetep bisa nyusu, main dan tidur siang.

Kuncinya sebenernya ada di kita orangtuanya, kalau kita bisa nerapin disiplin dan konsisten, si bayi pun akan bisa terbiasa. Semoga sampe seterusnya si Alvin bisa tetep disiplin ya tidur malemnya, dan semoga postingan ini bisa bermanfaat buat ibu2 diluar sana πŸ™‚

28 thoughts on “Baby Sleep Training

  1. setujuuu reee…hehe
    si ryu juga sekarang udah bisa bedain siang sama malem..klo malem sengaja lampunya g redupin sama setel musik yang lembut, dah tau deh dy klo udah waktunya bobo..paling bangun cuma nyusu abis itu bobok lagi,…awal2 sih emang berat tapi makin kesini makin enak,…hehehe
    tapi sekalinya udah jam dy bobo trus anaknya diajak keluar malem kadang suka jadi rewel…hahaa karena dy udah tau itu jam bobonyaa..

    Like

  2. Setubuh re…
    dan prosesnya ndk langsung mulus kan ya, gw dulu nerapin sleep training ke olive banyakan errornya tp bener balik lg ke orang tuanya klo mao tetep diterapin ya harus konsisten.
    agak berat di awal tp ringan setelahnya karna kita jadi bisa tau jam berapa dia kan bangun karna udh disiplin jam tdrnya, itupun klo bangun ndk pernah nangis…tinggal disusui ganti pampers trus bobok sendiri dah

    cuma ya gt klo udh lwt jam mandi lah, jam tdr lah baru rewel ahhahah

    Like

  3. Nyimak banget ini gw.. Iya sih ortu pasti banyak ga tegaan ya, tapi kalo mau disiplin ya mesti dijalanin.. Akan gw buka lagi bila saatnya sleep training si L πŸ˜€

    Like

  4. turut menyimak dl, nanti tunggu udah mau punya baby, pasti ngubek2 lg deh disini. hehehe..
    nah, yg susah itu kita nya jg mesti disiplin & konsisten sm jadwal yg udah kita bikin sendiri ya. >.<
    ketauan deh gw orgnya ga disiplin. hehehe

    Like

    • hihihihi soon yah chyn semoga.. iya emang hrs konsisten gue juga suka susah displin tp demi anak deh harus yakin bisa konsisten dan disiplin jalaninnya πŸ™‚

      Like

  5. Super setuju reeee!!!! Poin plus buat gw adalah clay udah begitu dari umur 2 minggu tanpa perlu gw sleep training. Hahahahaha..tapi karena udah ketemu polanya.. Jadi gw lanjutin. 11-12 sama kaya yg elo bilang rutinitas pagi sampe malemnya.

    Liked by 1 person

  6. Saya sih biasain baca dongenh sebelum tdr dan matiin lampu jd dia paham kl udh wktynya tidur. Tidur selalu juga di jam yng sama jd enak kitanya udh bisa atur buat jdwal pribadi

    Like

  7. jayden dari umur 2 bulan sih uda rutin jam 7 tidur, cuma jam 3 subuh bangun, melek, melotot, ketawa2… tidur lagi jam 4 ampe jam 6 pagi.. pas masuk 4 bulan kalo ga salah, baru bener2 bisa tidur ampe pagi… di tengah2 suka nangis sih, tapi asal kasih nenen, minum, trus dia bobo lagi… itu juga gara2 aku ngertinya, bayi kudu nyusu tiap 2 jam sekali wahahahahaha… ga tau kalo ternyata bisa dilatih tanpa nyusu… keterusan deh ampe sekarang… tar aja lah kalo uda mau disapih baru dipikirin hahahaha…

    Like

  8. KONSISTEN. Itu yang sering jadi dilema buat ibu-ibu, kepingin konsisten tapi gak tegaan.
    Gue juga termasuk yang suka “dikritik” saking konsistennya, kadang suka ada yg komentar “gak kasian ya anaknya dipaksa bobo gitu?”. Ya nggak lahhhh… soalnya gue ngerasain banget manfaatnya, bahkan yg gue rasain lagi saat anaknya mulai sekolah, jadi lebih mudah bangunin paginya (at least sekarang) karena time frame bobonya udah diatur. Kadang bapaknya suka masih pingin main, gue paksain tetep gak bisa main kelamaan, harus tetep bobo hahahah.

    Like

    • iya ci le ada juga yang bilang gitu karena anak kaya dipaksa utk tidur. tapi ya gimana untuk kebaikan semua juga sih. anak dpt tidur yang cukup, orang tuanya juga bisa istirahat biar fit. soalnya banyak jg orang tua yang ngebiarin anaknya melek sampe malem krn dibilangnya belum ngantuk hahaha

      Like

  9. Hihihi.. iya Re.. bagian konsisten itu yang paling susah deh. Dulu Jo juga kayak Alvin gini udah kepeta waktu tidurnya. Trus sekali gara2 dia mulai berdiri di crib dan harus tidur bareng sama kita sembari nunggu tempat tidurnya diturunin, bubar semua kebiasaan tidurnya dan abis itu susah lagi bikin konsisten.. haaaaah.. Jadi emang jangan sampe kepotong biarpun sebentar deh.

    Like

    • iya emang kak bebe, waktu itu juga si alvin pernah panas badannya trus akhirnya co sleeping karena rewel semaleman, eh abis itu langsung berantakan lagi tidurnya hahaha. langsung mulai dilatih lagi deh udahannya, jadi emang bener2 harus konsisten yah..

      Like

  10. Re, gw masih on progress nih sleep training. hahahaha bocahnya klo ud ngantuk susah dibangunin klo ud seger susah bgt dibuat tidur.
    skr ud mulai bs sih dikit2 cm kebangun2 tengah malamnya yg masih berantakan hahahaha, smoga bs ky alvin deh enaknya bs ky gitu.

    Like

Leave a Reply

