Breastfeeding Journey

Dari masih hamil gue sama Mas udah bertekad kuat pokoknya mesti kasih ASI untuk si dedek. Gue bukannya mengintimidasi ibu2 yang kasih sufor ke anaknya ya. Gue percaya semua orang tua itu pasti mau kasih yang terbaik untuk anaknya. Soal caranya gimana ya beda2 kan tergantung pilihan masing2.

Si kakak juga dulu minum ASI walaupun cuma bisa mentok sampe di 5 bulan. Entah kenapa tiba2 produksinya makin menurun sampe akhirnya stop, mungkin gue kelewat stress ya hahaha. Nah kali ini boleh dong gue berniat kasih ASIX ke dedek Alvin kalau perlu sampai 2 tahun. Bersyukur banget lah gue abis lahiran ASI langsung lancar. Bahkan sampe sekarang pun Alvin udah mau 3 bulan Puji Tuhan masih cukup. Gue gak bilang banyak yah, tapi cukup.

Memang bener sih kalau niat mau kasih ASI itu butuh banget banyak yang support, contoh paling kecil aja keluarga deh. Suami yang paling pertama. Waktu gue melewati masa – masa pasca melahirkan dan baby blues yang mana beneran berat banget, itu rasanya kalau gak ada Mas gue udah give up deh. Awal2 menyusui yang horor banget itu karena nipple lecet, begadang tiap malem, siang2 ngantuk berat, tapi semua berhasil gue lewatin karena ada Mas juga. Dia selalu support untuk tetep kasih ASI soalnya sufor mahal sayang hahahaha.. Karena jam kerja dia yang longgar juga jadi gue bener2 terbantu banget untuk ngurusin si Alvin pas masih newborn. Terus juga nyokap gue, yah gue emang anak ASI sih jadi nyokap gue ngerti banget tentang per-ASI-an jadi jelas dia support banget. Nyokap juga sering banyak bantuin urus Alvin apalagi kakaknya, jadi gue bener2 terbantu.

Berhubung gue tidak bekerja, aka stay at home mom, jadi awalnya gue hanya melakukan direct breastfeeding ke si Alvin. Sampe pas udah dirumah, mikir2 kalau gue harus pergi yang gak bawa dia gimana ya. Atau pergi sama dia tapi gak possible untuk nyusuin langsung. Dari masih hamil gue emang belum nyiapin perlengkapan perang untuk ASIP karena ya tadi itu gue mikirnya kan gue dirumah ya. Jadi mulai dari situ lah gue niatin untuk nyetok ASIP, dan mulai lah bebelian perlengkapannya.

Awal2 mulai pumping emang nyesek banget sih, ya gimana soalnya cuma ngotor2in botolnya doang hahaha padahal kalau diminum langsung si dedek dia sampe tidur kekenyangan gitu. Tapi ya gue gak nyerah gitu aja. Tetep gue coba pumping pas dia lagi bobo atau kadang sambil nyusu langsung juga karena biasanya kalau nyusu langsung kan PD sebelahnya netes2 jadi bisa lancar pumpingnya.

alvin 1

contoh muka kekenyangan abis nyusu 😛

Makin kesini makin banyak, mulai 20 ml, 50 ml, sampe akhirnya bisa dapet 100ml-an kadang lebih cuma dari satu PD doang. Kalau lagi pumping 2 PD kadang bisa sampe ganti botol karena kepenuhan. Rasanya happy banget deh. Jadi mami2 diluar sana, memang sih awal2 pumping dapetnya dikit, tapi jangan nyerah. Pokoknya berapapun hasilnya disyukurin aja sembari tetep konsisten terus pumping dan nyusuin juga. ASI itu kan prinsipnya semakin sering dikeluarin semakin banyak produksinya. Dan jangan lupa mesti jaga mood biar tetep happy. Asli deh itu kunci utama ASI lancar, semakin happy semakin lancar 😀

Pertama kali si Alvin coba minum ASIP gue sempet sok idealis gitu gak mau kasih botol, jadi cobain pake sendok tapi yang ada malah ASIPnya beleberan kemana2. Mau beli soft cup feedernya me*ela kok ya mihil amat hahaha ada juga sih yang jual cup feedernya doang. Tapi pasti bakal ribet deh macem kaya pake sendok, dan lagi kan itu untuk jaga2 kalau gue pergi, yang ada ntar malah ngeribetin orang yang ngasihin (dalam hal ini nyokap).

Akhirnya yaudah lah cobain bottle feed aja, awalnya emang rada drama sih sampe sekarang juga masih kadang2. Terus pertama kali dia nyoba minum ASIP pake botol, eh guenya sedih dong liatnya. Yahhh berasanya kaya fungsi gue sebagai ibu berkurang dikit bhahahahahaha *janganditiru* *mamak2lebay* Lama2 dia udah mulai bisa pake dot. Sekarang sih udah lancar, tapi cuma pake beberapa merk tertentu doang, nanti deh kalau ada waktu bikin review botol susu dia.

Sekarang2 ini gue mompa sehari cuma sekali sampe dua kali. Biasanya pagi2 banget, terus kalau mompa lagi ya malem2 palingan. Selebihnya gue tetep nyusuin langsung. Terus kenapa masih mompa tiap hari padahal gak kerja? Sebenernya hanya untuk menjaga produksi ASI aja sih. Kalau mompanya bolong2 malah gak stabil, gue udah pernah buktiin kok. Beberapa hari gak mompa akhirnya pas mompa lagi keluarnya dikit. Terus dirutinin lagi eh jadi banyak lagi. Jadi walaupun stok ASIP si Alvin jarang dipake karena gue jarang pergi2, tetep tiap hari gue mompa dan masukin at least 1 plastik / botol. Nah sekarang2 ini tiap hari mulai gue keluarin paling gak 1 sehari dan kasih dia pake botol. Supaya tetep muter terus, jangan cuma masuk doang kaga keluar2 ntar keburu expired kan sayang kebuang hahaha.

Untuk media penyimpanan ASIP, awalnya gue emang lebih consider pake plastik ASI karena space di freezer kulkas cuma dikit, tapi ada juga sih beberapa botol kaca. Soalnya gabung sama freezer nyokap kan hihihi. Sementara tiap hari gue mompa jadi tiap hari otomatis masuk mulu dong biar cuma 1 plastik juga. Lama2 makin sempit sampe penuh gak ada space lagi. Tadinya mau nyewa freezer, eh kata nyokap gak usah nyewa diitung2 sama aja. Jadi akhirnya beli deh.. Masa mau dibeliin nolak yakan? Hahaha.. Nah sejak ada freezer khusus gue jadi pake botol kaca terus deh. Emang sebenernya pake botol kaca lebih bagus sih dan lebih irit karena cuci pake, tapi plastik khusus ASI juga gak masalah. Tinggal pilih aja sesuai kebutuhan masing2.

blog 1

Stok ASIP Alvin, semoga bisa sampe penuh ya freezernya 🙂

Sekarang kalau pergi2 walaupun sama dia juga, tetep gue bawa ASIP di botol dia. Ya kalau tempatnya masih memungkinkan untuk nyusuin langsung sih tinggal buka lapak aja, tapi kalau gak mungkin tinggal kasih di botol deh.

Tapi selama gue masih bisa nyusuin dia langsung, gue akan nyusuin dia terus. Aduhhhh itu moment2 yang rasanya gak bakal mau gue gantiin pake apapun (termasuk minum ASIP pake dot bhaahahaha) Kalau lagi nyusuin langsung tuh rasanya kaya dia bener2 bergantung sama gue, butuh gue banget, dan karena emang cuma gue sama dia doang berdua yang bisa ngerasain itu. Kalau udah haus laper banget gitu digendong siapa aja tetep ngamuk anaknya, mesti nemplok sama gue dulu baru diem. Dan liat ekspresi mukanya begitu kena ASI langsung, muka puas kekenyangan terus tidur sambil senyam senyum, itu semua beneran priceless banget lho 🙂

alvin 2

little dude 🙂

Semoga ASI mami terus dilancarkan Tuhan yah dek, supaya dedek Alvin bisa lulus ASIX. Gak muluk2 dulu deh yang penting bisa ASIX dulu, kalau masih dilancarkan lagi sampai 2 tahun yah Puji Tuhan juga 🙂

Happy breastfeeding untuk mami2 pejuang asi diluar sana!

38 thoughts on “Breastfeeding Journey

  1. abis itu stoknya lgs tuang ke mimijumi yah hahahahaha, punya conrad masih ada buat kenang2an saking belinya dulu mahal banget 😂

    lancar terus yah Re, mama happy anak juga happy hehehe

    Like

  2. Re, makasih postingannya 😀 ini nyemangatin gue bgt buat yakin kalo nanti gue bisa (pasti) ngasi asi ke B 🙂 diimanin.

    smangattt Re!! smoga bisa sampe 2 taun yak, yg ptg senantiasa bersyukur berapa pun hasilnya nanti

    gue juga dirmh aja Re tp tetep beli pomsu sperti yang lo bilang biar menjaga produksi asi 🙂

    Like

    • hehehe semangat ASI ya wiii utk B nanti.. iya wi emang biar cuma dirumah juga tetep mompa aja lumayan untuk stok kalau pergi2 kan hehehe thanks ya wi, semangat juga!!! 😀

      Like

  3. Reee terimakasih banyak share dan tipsnyaaa.. Sangatt membantu dan menyemangati! Beneran! Hahaha.. Semoga bisa mengikuti jejak elo dalam per ASI an.. Btw mukanya alvin bener2 priceless yang abis disusuin.. Ga heran mamanya ga rela dikasi dot. hahaa

    Like

  4. aku kalo pergi2 lebih enak nyusuin langsung, tinggal buka, hap, beres deh, ga ribet kudu manasin dulu hehehe… apalagi waktu seumur alvin masih enak, bisa ditutupin…

    jayden juga dulu aku kasih pake botol sama nyusu langsung… tapi sejak 8 bulan kalo ga salah, dia ga mau minum dari botol, maunya nyusu langsung… sekarang minum asipnya pake sedotan hahaha… tapi tetep, kalo ada aku, maunya yang fresh dari mami hahahaha…

    Like

  5. wah stok nya banyak banget ya! amazing. Duh lucu banget sie baby alvin xxx !! aku malah belum stock sama sekali, jadi pump sehari sekali buat bottle feed si kecil klo malam, giliran papa nya yg ngasi minum.gimana ya disini gak biasa aja nyetok ASI segitu banyaknya, takut aku kalo mati lampu gt trus nasib ASI itu gimana…(dan ndelalah minggu lalu disini mati lampu 8 jam) Untungnya maternity leave aku 6 bulan dan plan buat ASI ekslusif untuk 6 bulan aja. Jadi gak nyetok banyak2 di kulas/freezer.

    Like

    • kak oppie, barusan bbrp hari yg lalu dirumahku mati lampu 5 jam. udah panik takut rusak itu asipnya, eh untungnya enggak. soalnya begitu mati, langsung masukin es batu yg banyak dan ada ice gel juga di dlm freezer hehehehe.. emang sih resiko nyetok asip itu kalo mati lampu bikin deg2an. lagian sbnrnya memang lebih bagus asi fresh kan, itu aku nyetok utk kalau pergi2 aja tp berhubung pumping mesti dirutinin mau gak mau tiap hari masuk deh. iya kak oppie, yang penting udah 6 bulan yah. semangat asinya yaaa 🙂

      Like

    • hahahaha ayuk koko ryu cepet ndut yaaa.. iya nat kalau gue pergi dia minta gendong mulu dan rewel gak mau bobo, jadi gak bisa ditinggal lama2 kasian oma sm mbaknya hihihi

      Like

  6. Hai Re, kunjungan perdana hahahahaha…
    Wah itu Alvin mukanya puas bgt ya abis dpt asi wkwkwkkwk.
    Gw jg irt nih Re, kadang jd suka males pumping *pumping waktunya bolong* tp bener jg yg u blg ga ada salahnya stok asip ya.
    Sip, thanks infonya Re, gw jg mo disiplin tiap hari pumping biar cm sekali dua kali.

    Like

    • Halo vinnnnn…

      hahaha iya vin mukanya gemes banget kalo kekenyangan abis nyusu. sama dong kt yah vin? iya gada salahnya stok asip lumayan untuk pergi2 misalkan gabs nyusuin langsung.. semangat pumpingnya ya vin 🙂

      Like

  7. Ganteng banget Alvin.. gemesss!
    Semangat yaaa mompanya Ree… Gw dulu mama perah sampe Shaina 2thn4bulan. Dia malah yang nyapih gw waktu dia 11 bulan, rasanya dunia gw runtuh boook disapih, bukan kita yang nyapih. Tapi ya karena udah tekad, gw full mompa aja sampe 2thn++ itu. Emang bener, kalau kita konsisten ngeluarin si ASI, percayalahh produksinya ga akan berhenti2 sesuai sama apa yang kita keluarin. Gw aja mau berhenti mompa susah banget, bocor2 selaluuu.. sampe akhirnya mengurangi frekuensi pompa dalam 1 bulan baru deh berhasil berhenti 🙂
    Semangat yaaaaaaaa

    Like

    • Mba cicha makasi yaaaaaa.. wih keren dong mba berarti shaina full 2 tahun yah lebih malah, semoga aku jg bisa gitu ntr. nah iya nanti worrynya pas mau disapih ya, pasti emak2 lebay macem aku ini juga bakal banyak dramanya nih hahaha.. iya bener mba emang mesti konsisten yaa.. 😀

      Like

  8. Pingback: Breastfeeding Journey Part 2 | ...and the journey begin

Leave a Reply

