Review Obgyn & RS

Sesuai yang gue tulis di postingan kemarin, gue mau bikin review tentang rumah sakit dan obgyn gue.

Selama hamil kemarin itu gue cuma sekali pindah dokter. Awalnya gue kontrol di Klinik Permata Bintaro dengan dr. Prima Progestian, SpOG.

Sebenernya dr Prima ini orangnya asik. Gue kontrol sama dia sampe 4 bulan deh kalau gak salah. Awalnya gue emang kurang sreg sama dia karena singkat padat bgt jelasinnya pas USG, tapi lama kelamaan ya biasa aja. Gue sempet bilang ke Mas kayanya gue mau cari obgyn lain deh soalnya kurang sreg aja. Makin kesini kata Mas dokter Prima itu tipikal yang kalau kehamilannya lancar2 aja gak ada masalah apa2 gak bakal bacot jadi ya kalau kontrol sebentar banget. Hahaha..

Terus akhirnya pindah karena waktu itu gue mikir mau nyari dokter yang sekalian di RS yang kira2 gue mau lahiran disitu jadi gak ribet. Mau ngejar dr Prima tapi dia prakteknya di Brawijaya sama di RS Muhamadiyah Taman Puring doang yang mana gue gak mau lahiran di 2 tempat itu. Akhirnya udahan sama dr Prima karena kebetulan pas mau kontrol bulan ke 5 juga eh dia lagi cuti terus gue gak mau nunda2 lagi jadi ganti dokter.

Nah setelah cari2 review ketemulah nama dr. Wisnu Setyawan, SpOG di RS Sari Asih Ciledug. Ini RS emang bukan RS bersalin atau RSIA tapi gue emang sempet consider utk lahiran disini karena deket dari rumah, dan gue juga udah beberapa kali ke RS ini, nyokap juga kalau ada apa2 ke RS ini, bahkan kemarin bokap juga dirawatnya disini. DsOG di RS ini juga ada banyak, tapi gue akhirnya mutusin ke dr Wisnu berdasarkan review2 yang gue baca. Temen gue jg ada yang kontrol kesini tapi bukan sama dr Wisnu. Pas gue bilang gue baru mau coba ke dr Wisnu kata dia waduh siap2 aja ngantri karena dr Wisnu pasiennya banyak, dokter favorit lah hahaha..

Pertama kali kontrol sama dia pas 5 bulan itu ya, first impression bagus dong. Dokternya ramah, baik, santai, dan sopan juga hehehe.. Dia juga asik diajak ngobrol, dan yang gue suka jelasinnya detail banget pas USG jadi bener2 ngerti gitu. Nanya apa aja pasti dijawab sama dia. Dan kalau gak nanya pun dia tetep informatif. Makanya satu pasien masuk kadang bisa lama banget, terus pasien dia emang banyak bangetttt. Kalau daftar udah deket hari H gausah ngarep dapet nomer kecil deh. Mesti jauh2 hari baru dapet nomer kecil.

Yang gue suka lagi dr Wisnu itu mau pasiennya sebanyak apa juga dan misalkan kita masuk udah nomer2 belakang gitu tetep gak diburu2 sama dia. Tetep dia jelasinnya detail dan jelas. Keliatan banget sih dia gak money oriented. Pas 8 bulan tuh yang sempet ada masalah karena si dedek kelilit dan beratnya gak normal, dia bener2 jelasin detail gimana2nya sampe kedepannya mesti gimana kalau seandainya masih kelilit juga. Walaupun salah satu optionnya cesar kalau sampe belum lepas juga lilitannya tapi dia tetep kasih semangat semoga bisa normal. Gimana ya walaupun gue udah parno tapi bisa lebih tenang karena dia juga gak yang nakut2in gitu jelasinnya.

Gue sekali kontrol sama dia langsung bisa mutusin oke deh mau sama dia aja sampe seterusnya ntar lahiran disitu. Soalnya pertama konsul langsung sreg. Beda sama dr sebelumnya yang mesti beberapa kali konsul dulu baru ketemu enaknya hehehe..

Akhirnya sampe lahiran kemarin sama dr Wisnu gue sih gak ada keluhan apa2. Pas lahiran pun udah panik gitu guenya bisa jadi sedikit santai juga karena dianya bisa bikin calm. Terus demen ngajak becanda juga jadi berasa santai walaupun panik hehehe.. Yang gue baca2 sih dia pro normal ya, kalau kehamilan lancar gak ada masalah apa2 pasti tetep disemangatin sama dia biar bisa normal juga lahirannya. Walaupun dia sempet nyaranin gue untuk induksi karena udah pas HPL, tapi akhirnya gak jadi juga kok diinduksi (karena gue bilang gue takut induksi hahaha) πŸ˜› Pokoknya gue sangat merecommend dr Wisnu deh, selama dia masih praktek di sari asih gue bakal ke dia terus pasti kalau urusan kandungan dllnya.

Nah sekarang rumah sakit. Seperti gue bilang tadi, RS Sari Asih itu bukan RSIA atau RSB. Gue pun gak menyangka kalau servicenya ternyata bagus. Tapi ini sepengalaman gue kemarin ya khusus untuk bagian bersalinnya aja. Kalau yang bagian lain, ya standard aja sih sebenernya. Pertimbangan gue kemarin itu karena ini RS deket dari rumah jadi kalau darurat kan gak jauh2 amat ya. Sebenernya ada sih RSIA yang gak terlalu jauh tapi tetep aja itungannya deketan RS Sari Asih ini.

Di bagian bersalinnya, menurut gue suster2nya ramah semua. Well, ada sih satu yang jutek hahahaha tapi no big deal deh karena mostly ramah, bidan2nya juga. Sungguh gue masih gak enak sama suster baik hati yang tangannya gue remes sangking sakitnya nahan kontraksi hahahaha πŸ˜„ Menurut gue sih RS ini pro normal ya dan yang pasti pro IMD. Kayanya sekarang semua RS udah mesti jalanin IMD deh. Waktu gue lahiran, habis dedek dibersihin dengan sigap susternya langsung bawa ke gue dan mulai proses IMD.

Overall, RS ini bagus2 aja kok terlebih bagian bersalinnya. Soal harga juga menurut gue masih affordable. Seenggaknya gak sampe bikin sesek nafas pas liat harganya hahahaha. Dari masih hamil 8 bulan gue udah sempet nanya2in tentang biaya lahiran disini. Ini gue rinci aja ya, ada fotonya sih tapi rada burem jadi gue coba tulis disini ya. Tapi maaf nih yang gue tulis cuma untuk kelas 1 dan VIP karena waktu lahiran gue rencananya ambil antara 2 kelas itu doang jadi yang ada di gue harganya cuma 2 kelas itu aja, untuk kelas dibawahnya bisa lah ya dikira2 sendiri kan pasti dibawah 2 kelas itu.

Persalinan NormalΒ 

Kelas 1 : 5.550.000

VIP :Β 7.950.000

Persalinan Normal Dengan Penyulit (Induksi)

Kelas 1 : 5.700.000

VIP : 8.050.000

Persalinan Normal Tanpa Nyeri (ILA)

Kelas 1 : 6.950.000

VIP : 9.450.000

Persalinan Sectio Caesaria

Kelas 1 : 10.650.000

VIP : 14.450.000

Persalinan Sectio Caesaria Dengan Penyulit

Kelas 1 : 11.450.000

VIP : 15.400.000

Itu hanya perkiraan biayanya aja ya (update kok 2015 ini), yang udah termasuk di dalamnya biaya pemakaian alat, biaya tindakan, kamar bersalin / operasi, kamar inap, administrasi. Yang belum termasuk itu obat2an, biaya visit dokter, alat kesehatan, dan penunjang medis lainnya. Untuk masuk mesti setor deposit dulu, nanti pelunasannya pas udah mau pulang.

Gue waktu itu pas lahiran, persalinan normal ambil kelas VIP total habisnya ditambah sekitar 3 jutaan dari harga perkiraan itu. Lumayan kan? Hehehe πŸ˜€

Semoga postingan ini bisa membantu yaaa πŸ˜€

26 thoughts on “Review Obgyn & RS

  1. Rere…emang enak yaa kalo uda dpt dokter yg klop..gw jg untungnya setelah pindah dokter sekali lgs cocok…biaya rs nya ok bgt re..emg jauh lbh murah dibandingin hrga rs yg lain…

    Like

    • sama dr wisnu kak mel? gpp kak mel cm pas di rs aja kan sufornya hehehe nah aku jg maunya rsia tp gak ada yg dkt rumah, ada sih tp tetep aja lumayan jauh, mikirnya cari yg deket supaya gampang kalau knp2..

      Like

  2. akhirnya blogwalking juga… marathon bacain alvin masi 36 weeks sampe sekarang dah gede… hihihi… padahal ngikutin alvin terus di instagram… πŸ™‚

    setuju ni cari2 dokter mirip kayak cari jodoh… sejauh ini dah gonta ganti dokter 3x… blom ada yang cocok… padahal ngisi juga belom… :p

    Like

    • wuaduh onti rollz rapelan ya bacanya hihihii..

      iya bener rollz susah2 gampang cari dokter yang cocok. makanya kalau udah cocok sekali mending gausah pindah2 lagi.. tenang rollz semoga cepet nyusul yaaa πŸ˜€

      Like

  3. yang penting dokternya cocok ya re….dan biasanya bisa praktek di beberapa RS,jadi tinggal pilih RS nya aja tuh. Harganya di sini masih ekonomis lah ya dibandingin RS swasta lain ( jaman gua caesar aja udah kepala 2 loh..).

    Like

  4. iya bener dr. wisnu tuh ramah banget orangnya, aku minggu kmr operasi kista di rs sari asih ciledug dan ditangani oleh dr. wisnu. dan nanti aku program hamil akan sama dia lagi, karena udah sreg banget..pelayanan di rs sari asih juga memuaskan, suster dan bidannya ramah..

    Like

Leave a Reply

