Post Partum & Drama Baby Blues

Ini cerita pasca persalinan kemarin (biarin ya telat dikit) dan sedikit cerita tentang baby blues yang gue pun gak nyangka bakal kena juga.

Post Partum

Di rumah sakit tempat gue lahiran kemarin itu kalau gak salah semua baby mesti langsung rooming in sama ibunya deh. Tapi karena si A lahirnya pagi jam 6, dan guenya juga yang udah kecapean banget dari malemnya kan gak tidur bener jadi untungnya setelah lahiran gue bisa tidur sebentar. Sementara si dedek di ruang bayi.

2 jam setelah lahiran pas gue udah bisa jalan ke toilet itu, abis itu langsung bersih2 dan rapih2 langsung pake bra dan daster menyusui terus pindah ke kamar. Sampe kamar langsung touch up dikit dong bhahahaha alisan itu penting buibu.. Abis itu gue makan bubur ayam terus coba tidur. Lumayan enak tuh tidurnya karena udah capek banget kan. Bangun2 jam 1an langsung manggil suster bisa gak dedeknya dibawa aja kesini. Excited karena udah lumayan segeran juga guenya.

Dibawalah si dedek sama suster sekalian si suster ngajarin posisi menyusui yang bener, maklum udah lupa 😀 Pertama kali coba latch on langsung berhasil, si dedek pinter juga sih langsung bisa hap hap hahaha.. Untungnya kan ASI gue langsung keluar jadi hari pertama menyusui itu gampang lah.

Terus kemudian siang sampe sore anaknya gak mau berenti nyusu. Pake jeda sih tapi gak lama udah nangis2 lagi minta nyusu terus. Gue sih masih semangat2 aja karena baru awal2 kan. Tapi itu udah mulai2 tuh berasa sakit nipplenya. Entah kenapa ya padahal kayanya posisinya udah oke dan si dedek juga asik2 aja nyusunya.

Sampe sore ke malem makin makin sakitnya, pas gue liat udah mulai lecet gitu dong. Tapi masih tetep gue tahan dan masih semangat nyusuin terus. Pokoknya di otak gue cuma, ASI itu prinsipnya semakin sering menyusui kan semakin banyak produksinya jadi maju terus pantang mundur deh.

Ternyata kegiatan nyusu terus gak berenti2 ini lanjut sampe malem. Pas udah malem tinggal gue berdua doang lagi kan sama Mas di kamar. Mulai malem gue udah mulai ngantuk dan capek. Ya walaupun kalau si dedek pipis atau pup tinggal pencet bel aja sih panggil suster jadi belum ribet2 amat ganti2in. Tapi malem hari pertama itu si dedek udah gak berenti2 nyusu, terus kalau udah tidur ditaro di boxnya melek, nangis, jadi mesti angkat lagi, nyusu lagi, dia tidur, taro di box, melek, nangis, angkat lagi, nyusu lagi, repeat sampe bosen hahaha..

Gue dari yang semangat nyusuin sampe akhirnya capek karena udah ngantuk banget anaknya gak tidur2 juga. Mana pas itu nipplenya udah makin lecet jadi makin drama deh kalau mau nyusuin karena beneran sakit banget rasanya. Sampe setiap kali baru mau mulai latch on gue udh deg deg ser terus nahan sakitnya.

Karena udah gak tahan akhirnya gue coba dong bilang ke suster, boleh gak dedeknya taro di ruang bayi dulu karena gue udah ngantuk banget dari tadi pagi gak kelar2 sesi nyusunya. Susternya bilang boleh aja tapi kalau dia nangis ya tetep dibawa lagi ke gue untuk disusuin. Sama aja dong ya hahahaha. Akhirnya gue tetep kuat2in mata dan badan juga begadang di hari pertama itu karena bener2 semaleman anaknya rewel mau nyusu terus.

Hari keduanya nyokap dateng, karena gue bilang pas dia telfon, gue belum tidur2 bener semaleman sama si Mas begadang karena si dedek mau nyusu terus.

Jam 9an obgyn gue visit dan cek2 gak ada keluhan apa2. Pas masuk dia bilang gini dong “Gimana bu udah bisa lari2 kan?” bhahahahaha.. Dia cuma pesen banyakin jalan aja supaya jahitannya cepet kering, dan kasih semangat terus untuk kasih ASI. Siappp lah dok.

Terus abis obgyn visit, DSA si dedek yang visit. Gue baru ketemu pertama tuh sama dia. Dan untungnya langsung sreg hehehe kan susah ya DSA juga cocok2an. Dokternya ini udah agak tua, dan terkesan galak sih. Tapi dia pro ASI banget dan bener2 menyemangati untuk kasih ASI aja kalau bisa mesti exclusive. Terus dia juga bilang gak usah lah dibedong2 terlalu kenceng (lah kan yang bedongin suster2nya ya?!), terus juga nyaranin kalau pas nyusu lebih bagus skin to skin (remfong dok buka bajunya hahaha). Dia ada nanya guenya ada keluhan gak pas menyusui? Gue bilang dong sakit nipplenya karena sampe lecet2 sangking anaknya gak berenti2 nyusu semalem. Eh gue malah diomelin katanya kalau masih berasa sakit berarti posisinya belum bener. Hahaha iya juga sih tapi si dedek anteng2 aja ngenyotnya. Pokoknya kata dia diusahain posisinya sampe bener supaya gak sakit juga guenya.

Hari kedua itu lumayan lebih santai dari hari pertama sih. Masih nyusu gak berenti juga tapi gak kaya kemarin banget. Masalah hari kedua adalah nipple gue yang udah super lecet dan rasanya udah super sakit yang mana bikin kegiatan menyusui itu rasanya horor banget. Beneran! Gue rasanya pengen udahan aja nyusuin si dedek. Yailah cemen banget ya hahaha, gue cuma inget sakit yang kemarin pas dia keluar aja gue bisa tahan masa ini cuma nipple lecet doang udah ciut 😀 lumayan membantu sih pemikiran kaya gitu. Jadi walaupun sakit2 juga tetep aja hajar nyusuin terus.

Puji Tuhan ASI gue lancar aja terus dan si dedek juga minum terus. Jadi ya produksinya kan juga nambah terus. Susternya juga bilang bagus bu nyusuin terus ya, soalnya tiap ada yang masuk gue pasti lagi nenenin si dedek hahaha..

Sampe hari ketiga kita pulang dari RS gak ada masalah apa2. Si dedek sehat dan gue juga baik2 aja. Sebelum pulang dipesenin sama susternya untuk jadwal kontrol berikutnya untuk gue juga si dedek, dikasih obat (vitamin2 gue), dan dikasih souvenir dari RS. Isinya diapers, satu set toiletries bayi dari JnJ, kassa steril & alkohol, pembalut bersalin, hand sanitizer khusus dari RS, plus dikasih termometer digital & topi bayi juga hihihi.. Seneng ya untung kaga dibekelin sufor hahaha.

Drama Baby Blues

Sejak pulang kerumah baru lah drama2 dimulai. Awal2 gue masih berasa excited aja ngurusin newborn baby gitu, tapi makin kesini kok berasanya makin stress sendiri ya. Lagi2 gue mengingatkan diri sendiri banyak banget lho yang harus gue syukurin (lahiran normal, recovery cepet, asi langsung lancar) jadi tahan2 jangan sampe misuh2 dan ngeluh2 sendiri. Gue udah agak lupa detailnya sih tapi seinget2 gue, minggu pertama dirumah itu bener2 penyesuaian banget.

Kalo kata orang2 welcome to the sleepless night! Ya namanya baru punya bayi udah pasti lah begadang mulu tiap malem. Di minggu pertama sempet ada beberapa hari si dedek tuh semaleman rewel maunya nyusu terus kaya hari pertama di RS gitu. Gue mikirnya oh palingan growth spurth deh ya. Tetep gue kuat2in begadang dan nyusuin dia terus. Tapi yang bikin makin stress tuh si dedek ini kalau nangis heboh banget mana suaranya nyaring pula. Tengah malem nangis heboh gitu, sempet beberapa kali hampir kesel lho gue hahaha tapi berusaha sabar2in lagi dan coba nenangin dia.

Terus makin kesini gue berasanya ada yang gak beres sama gue sendiri. Jujur aja urus bayi baru lahir itu kan capek ya, walaupun dia masih banyakan tidur tapi tetep aja capek lho. Mana lagi kan gue juga mesti urus kakaknya yang sungguh deh sejak adeknya pulang kerumah sikapnya jadi makin menjadi2. Wajar gue tau, namanya penyesuaian juga untuk dia. Yang selama ini selalu dia2 aja sekarang ada adek baru dan orang2 juga masih fokus ke adeknya jadi dia merasa tersaingi. Jadilah dia semakin gencar cari perhatian dengan bikin2 masalah. Itu bikin gue makin tambah stress banget lho. Pokoknya gue jadi makin gampang senewenan dan emosian deh. Kasian si kakak kena omel gue melulu 😦

Gue juga mulai ngerasa suka sedih sendiri, capek sendiri, kadang lagi nyusuin malem2 gue jadi suka takutan banget. Yang aneh banget nih tiap hari asal udah mau gelap (masuk maghrib) gue pasti deh berasanya takut banget. Gak bisa banget kalau sepi2 gitu. Untung dirumah tuh kan ada nyokap, ada tante gue juga jadi lumayan lah. Guenya drop kaya gitu yang susah siapa? Si Mas hihihi.. Soalnya tiap dia kerja gue selalu pesenin plis pulangnya jangan malem2. Dan asal udah malem dikit dia belum pulang gue udah bawel deh hahaha. Entah kenapa gue tuh ngerasanya kaya takut aja sendirian, takut repot sendiri, takut gak bisa ini itu padahal sebenernya bisa2 aja. Jadi bener2 berasa kaya gue butuh Mas banget, sebenernya apa2 juga gue bisa bikin sendiri kaya ganti diapers, ganti baju, mandi dllnya tapi bener2 berasanya tuh kalau gak ada Mas gue jadi lemah banget (duilaaaaah….) hahaha pokoknya mesti ada dia deh baru gue berasa aman. Soalnya kalau malem2 urusan ganti2 diapers dan lain2 itu urusan Mas, kecuali nyusuin ya tetep gue. Tapi kalau kita udah sama2 capek yaudah asal dia udah kenyang, kita taro aja dia di box hahaha.. Sampe dia bosen terus nangis atau dia capek main sendiri terus tidur.

Baru kemudian gue inget oh em ji jangan2 gue kena yang namanya baby blues itu. Langsung lah gue browsing2 dan bener banget semua tanda2nya persis kaya yang gue alamin. Huhhh sungguh gak nyangka bisa kena gituan juga, malahan dulu pas si kakaknya gak ada gue kena baby blues.. Gue sampe sempet nangis tuh bilang ke Mas gue kena baby blues eh dia agak2 gak percaya gitu apaan sih gitu. Sampe akhirnya gue tunjukin ke Mas artikel2 tentang baby blues baru deh dia baik2in gue hahaha (iyalah baik2in mau anaknya kaga minum ASI karena emaknya stress??? hehehehe)

Untungnya (masih ada untungnya) cuma sampe di baby blues, soalnya gue baca2 kalau parah banget bisa sampe ke PPD (post partum depression). Dan untungnya lagi baby blues yang gue alamin gak sampe yang jadi males urus si baby. Mungkin itu kali ya kalau sampe kena ke PPD itu.

Lumayan lama lah sekitar 2 – 3 mingguan gue berasa kena baby blues gitu. Abis itu makin kesini udah makin santai. Walaupun masih tetep begadang juga yang bikin mood pagi2 berantakan karena kurang tidur tapi seenggaknya udah lebih santai dari kemarin2 pas kena baby blues itu.

Sekarang sih puji Tuhan semuanya lancar2 aja. Walaupun namanya urus bayi itu gak gampang dan pasti ada aja masalah2nya, banyak yang mesti dikorbanin (salah satunya jadi jarang ngeblog hahaha) tapi yah dijalanin dengan enjoy aja yaa. Malah kegiatan menyusui itu yang awalnya horor banget buat gue sekarang malah jadi kegiatan paling favorit buat gue lakuin sama si dedek. Apalagi liat si dedek kalau lagi anteng bobo, atau lagi anteng main sendiri karena kenyang abis nyusu, liat ekspresi mukanya yang aneh2 terus sekarang udah mulai nyaut2in kalau diajak ngobrol macam udah ngerti aja gitu… ah itu priceless banget lho.. Rasanya langsung ilang semua capek, asal jangan rewel aja ya hahahaha.. Plusnya lagi si dedek ini sebenernya anaknya gampang asal udah kenyang dan nyaman (diapersnya udah diganti) dia bisa ditaro di box anteng main sendiri. Mana sekarang kalau malem udah bisa anteng tidur juga jadi kan mayan ya maminya juga bisa tidur 😀

So buat ibu2 diluar sana, enjoy motherhood yaaa! 😀

Advertisements

25 thoughts on “Post Partum & Drama Baby Blues

  1. Reee sangat2 berguna sharingan elo ini buat bekal ilmu di kemudian harii.. Hehe.. Btw akirnya ga lecet lagi gmn re? benerin posisi aja ya? Tau posisinya udah bener apa belom gimana sih. Hahhaa.. Lucu emang si dede..Kayak bule hehe..

    Like

    • hahaha gue sempet pake nipple cream gitu fan tapi lama2 gue males lagi pakenya, soalnya abis pake kalau mau nyusuin lagi mesti cuci dulu. remfong kan hahaha.. itu lecet cuma minggu2 awal aja kok lama2 ternyata ilang dengan sendirinya dan makin lama juga posisinya makin bener karena kitanya juga udah lebih biasa nyusuin kan.. hihihihi thanks ya fan 😀

      Like

    • hahaha iya nat udah bulet dia. gue belum ke dokter lagi nih. pertengahan bulan ini baru kontrol lagi jadi belum tau skrg beratnya udah berapa.. iya nat gue juga sempet tuh nangis2, pas lagi nyusuin lagi hahaha

      Like

    • Hi paula.. makasih udah main kesini. Iya emang ga parah bgt sih, baca2 banyak jg yg sampe parah ya.. dan msh untungnya krn dibantu nyokap dirumah jd ga terlalu keteteran urus 2 krucil hehehe

      Like

  2. dulu aku juga stress tiap jayden nangis… mana dia kalo nangis uda kayak lagi diapain aja, cetar banget hahahaha… plus dikombo dengan bekas jahitan yang nyut2an… stress banget deh… untung semua uda terlewati hahahaha…

    Like

  3. Re, kalo puting lecet bener ga bisa diolesin pake asi sendiri terus tar sembuh? apa emank perlu pake nipple cream ya?

    sabar2 en tetep semangat ya Re *hugs* kakak ga ada maksud buat kesel, lagi cari perhatian mamanya, hehehehe cuma krn qta cape jadinya marah2 d ke kakak. smoga masa baby blues cepet ilang ya Re 🙂

    Like

    • Kalo itu sbnrnya cuma utk pelumas puting aja wi sebelum nyusuin. Tp awal2 menyusui pasti bakal lecet deh krn kan baru banget nonstop dikenyotin si bayi hahaha.. gue sangking ga tahan pake nipple cream tp lama2 jg gak lecet lg kok.

      Iya emang cara anak kecil cari perhatian ya dgn bikin2 masalah deh hihihi.. thanks ya wi skrg mah udh aman kok 😀

      Like

  4. OMG, tetep semangat ya Re *hugs*…Kalo lagi bete bete pandangin si dedek aja, peluk si kaka.
    Gue baca baby blues itu bisa cepet ilang kalo kita banyak pelukan loh.
    Gue lupa blog elu udah hijrah ke WP, hahaha kirain masih di blogspot 🙂

    Like

    • Thanks ya mayyyy.. iya bener gue waktu itu bbrp kali nangis utk meluapkan emosi *haseeek* terus ya sabar2in diri dan banyak bersyukur liat 2 krucil itu. Iya bener pelukan itu ampuh ya..

      Hahaha udh mayan lama may pindah wp 😛

      Like

      • Nah itu, gue juga baru buka WP lagi 2 mingguan ini hahahaha, sebelumnya hiatus gegara di block.
        Iya kalo udah kesel banget ya mending di nangisin biar lega terus peluk peluk si kaka sama si adek deh. Emang ya Re, masa penyesuaian itu berat. Semangat yaaa

        Like

  5. Pingback: Breastfeeding Journey | ...and the journey begin

  6. Waah anak kedua malah babyblues ya?
    Duuh jadi inget masa-masa gw dulu babyblues parah banget.. bentar2 mewek, overwhelmed and overjoyed jadi over juga deh itu perasaan2. Waktu anak pertama babyblues ga Re?
    Anyway, selamat yaaaa atas kelahirannyaaa.. udah lama juga gw ga update, baru sadar lo udah lahiran 🙂 Congraaattss & enjoy motherhood 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s