33 Weeks

Postingan ngebut karena baru ditulis pagi ini juga pas krucil udah berangkat sekolah dan bisa langsung publish πŸ˜€

Anyway, mau cerita soal kontrol terakhir kemarin hari Sabtu yang mana udah 33 weeks. Seperti biasa, dapet antrian nomer 25 ke atas karena baru daftar h-1. Pas udah dateng dan daftar ulang, gue tanya emang boleh daftarnya dari kapan sih. Eh ternyata dari h-2 minggu udah bisa daftar. Ya pantes gue dapet nomer gede melulu hahaha okay lesson learned besok2 daftar dari jauh2 hari deh.

Sembari nunggu biasa kan cek tensi dan nimbang. Lagi2 kata si suster tensi gue tinggi (133/77) dan berat badan nambah 2 kg. Untungnya nih kali ini gue gak nunggu terlalu lama. Sempet sih nunggu bentar terus beli roti2an di cafe RS situ abis laper ya buibu pengen ngemil. Eh begitu balik duduk nunggu lagi, baru mau makan udah dipanggil. Padahal di nomer antrian masih 15 lho. Ternyata banyak yang belum dateng nomer2 sebelumnya. Jadi yang tadi diluar ngantri nomernya pada lebih gede dari nomer gue dong ahahaha.

Masuk ketemu dokter, kata dia tensi gue normal no worry. Oke deh. Tanya2 ada keluhan gak. Gue bilang gak ada. Paling ya perut keras2 gitu lah, terus keputihan juga lumayan banyak tapi gak sampe gatel. Lanjut USG, ukurannya semua normal. Tapi pas dia liat beratnya si dedek cuma 1866gr. Kata dia kecil itu untuk ukuran 33 weeks, lumayan kurang deh. Walaupun gak sampe kurang banget sih, masih ditengah2 garis normal. Akhirnya dia bilang coba USG lagi deh pake alat yang satunya lagi. Gak ngerti ya alat mana. Kata dia untuk cek aliran darah ke si dedeknya gimana lancar apa enggak. Kalau lancar berarti guenya yang kurang makan *jengjeng*

Pas dicek ternyata si dedek kelilit tali pusat di bagian lehernya. Gak kenceng sih tapi dokternya bilang that’s why aliran darah ke si dedek kurang lancar, jadi gak semua makanan yang gue makan keserep ke dia. Soalnya gak mungkin juga sih gue kurang makan, masuk trimester 3 ini kan gue laperan melulu, makan melulu, ngemil melulu. Pas nimbang aja berat gue nambah 2kg. Sebagai emak2 wajar ya gue langsung worry, tapi untungnya dokter gue ini tuh ngomongnya enak jadi gak bikin parno. Dia sih to the point dan jembrengin jelasin detail semua2nya kenapa sampe gitu, nunjukin grafik aliran darahnya, ngukur2 ulang sampe berkali2 dan semua2nya ditunjukin detail ke gue sama Mas tapi entah kenapa karena dia ngomongnya enak ya jadi gue juga gak panik2 banget deh. Ya panik sih tapi masih bisa calm down. Malah dia sampe udah ngeluarin statement kalau sampe week 36 pas belum ada perubahan terpaksa mesti dikeluarin dengan operasi.

Satu lagi, ternyata si dedek posisinya masih sungsang dong. Padahal terakir kali kontrol dia kepalanya udah dibawah, cuma emang waktu itu dokter bilang masih bisa muter2 sih dia. Setelah gue baca2 karena air ketuban gue jumlahnya banyak dan si dedek ini tuh aktif bukan main, jadi gerak2 terus dan sangking aktif gerakannya makanya bisa sampe kelilit deh itu tali pusat.

Akhirnya dokter kasih gue resep vitamin seperti biasa, plus obat untuk suntik penguat paru2 dedek selama 2 hari. Untuk jaga2 aja sih. Terus dia juga suruh banyak2 nungging posisi sujud gitu supaya dedeknya muter dan kepalanya bisa dibawah. Kontrol lagi minggu depan untuk liat gimana perkembangan beratnya dedek dan posisinya juga lilitannya. Dokternya bilang kalau urusan lilitan itu unpredictable, iya gue juga tau sih. Bisa aja besok udah lepas, bisa juga belum lepas2.

Terus guenya gimana? Worry sih dikiiiiiiiiiiiiiiit ya namanya juga ibu2 kan wajar lah. Tapi gue berusaha positive thinking deh dan selalu bawa dalam doa. Sering2 gue omongin sambil elus2 perut ayo anak mami pinter kan muter2 ya dek supaya kepalanya dibawah dan lilitannya lepas. Kalo versi si Mas, ayo dek muter2 supaya lilitannya lepas dan makan yang banyak biar sama gendut kaya maminya. Hayahhhh.. Hahaha.. Intinya sekarang sih kita banyak2 berdoa aja ya, bener kata dokternya urusan lilitan itu unpredictable tergantung skill si dedek aja muternya gimana, selebihnya mari kita serahkan sama Tuhan. Gue percaya kok kuasa Tuhan lebih besar dari apapun.

Sekarang gue jadi lebih rajin makan deh. Terutama ice cream hahaha. Kemarin pulang abis kontrol langsung beli ice cream. Ya namanya juga usaha ya, walaupun masih agak susah keserep tapi gak ada salahnya kan dicoba. Ice cream kan cepet banget untuk naikin berat baby. Terus juga rajin2 nungging posisi sujud gitu sehari beberapa kali supaya si dedek segera muter dan kepalanya turun kebawah. Pokoknya apa aja deh yang masih bisa gue lakuin pasti gue lakuin demi si dedek. Termasuk itu ya suntik penguat paru2 yang ternyata sakitnya maaakkkk dan efek pegal2nya sampe berhari2, fiuhhh…

Next week ketemu dokter lagi, semoga udah ada perkembangan ya paling enggak si dedek beratnya udah nambah aja deh dan posisinya udah kepala dibawah. Kalo soal lilitan seburuk2nya masih bisa dikeluarin dengan caesar sih walaupun gue masih bakal tetep kekeuh pengen normal aja. Cuma ya kita liat aja nanti gimana2nya.

Bantuin doanya ya temen2 blog sekalian semoga dedek sehat2 aja, beratnya nambah, lilitannya lepas, dan kepalanya udah dibawah secepetnya πŸ™‚

37 thoughts on “33 Weeks

  1. Waduhhh si dd aktif banget ya re…semoga tali pusarnya kelepas ya re jadi bs lahiran normal
    bnr makan es krim bikin timbangan ibu dan anak naik hahahhaha gw ngalami pas kmrn pdhl cm makan 1x magnum dierrr udh 2kg aja ini anak dan maminy juga jadi ikut naik banyak hahahha

    Like

    • iya aktif banget kak mir gerak2 melulu hhahaha.. aminnnn semoga bisa normal yah.. iya nih bener banget es krim katanya emang cepet kan naikin berat semoga next week beratnya dah melonjak πŸ˜€

      Like

  2. Reee…kudiakan juga semoga lilitannya cepet lepas yaa..ayoo affirmasi tiap hari ke si dede supaya bisa lepas lilitan dan cepet muter ke posisi siap meluncurr…all the best yaa…hehehee

    Like

  3. ayok dede makannya yang banyak ya πŸ™‚ en semoga cepet lepas dari liltan tali pusat ya Re, tetep smangattt en betul Re, banyak2 mikir positif en berserah sama Tuhan pasti dikasi yang terbaik buat lo en dede, amien!!

    Like

  4. Wah cepet banget udah 33 weeks ya. Perasaan baru kemarin baca baru hamil. Semoga lilitannya cepat lepas dan dedek kembali ke posisi normal ya. Semangat! πŸ™‚

    Like

    • iya kak naomi, aku jg gak berasa gitu perasaan belum lama deh tau hamil lah in tau2 udah tinggal beberapa minggu lagi aja hahahaha.. amiiiin makasi doanya yaaa πŸ™‚

      Like

  5. Hihihihi.. sama re.. dokter juga bilang ucil kecil di usianya. 32w baru 1.7 kilo.

    semoga lancar yaaa.. dan semoga dedek bisa muter dan lepas dari lilitannya.. πŸ™‚

    Like

    • katanya emang gitu kak nella, tapi aku gak sanggup kalau ngepel jongkok gak kuat nafasnya hahaha jadi sekarang rajin nungging2 aja deh.. aminnnn terima kasih doanya ya kak nel πŸ™‚

      Like

  6. kita sama nih re… waktu aku 32 weeks juga tensi tinggi dan berat badan bayi kurang… dokter gua bilang karena tensi tinggi jadi asupan ke bayi ga lancar… ampe menjelang lahiran masih tetep tinggi… uda disupply es dan segala yang manis2, tapi ampe lahiran tetep aja kurang… kurang dikit sih, tapi tetep kecil… gua dulu makan segala jenis makanan yang katanya bisa nurunin tensi, tapi ga ngaruh, mungkin lebih ke worry kali ya… ya namanya belom pernah lahiran hahahaha… jadi ga usah worry, dibawa santai aja… trus banyakin jalan dan ngurangin MSG… semoga lancar ya semuanya…

    Like

    • nah kan sama kak mel. ini juga kata dokter sih kurangnya cuma dikit tapi itungannya masih kecil juga, gpp deh diusahain makan es dan manis2 biar maminya gendut hahaha yang penting semoga berat dedeknya bisa nambah dikit2… bener bangetttt mungkin karena worry ya, aku jg worry soalnya padahal mah udah anak kedua ya tapi tetep aja mau lahiran ada worry2nya hahaha mesti belajar santai nih yaa.. anyway thanks ya kak mel πŸ™‚

      Like

  7. Hai Re… semoga baby cepet muter dan lepas dari lilitan yah, dulu gw gak kuat nungging sujud yg ada kepala kleyengan perut sakit bgt haahahahah ada yg kasih tau gw sih pancing pake music klasik taro earphone dibawah perut biar baby nya muter tapi gw gak tau kebenarannya (gw dikasih tau pas Clarissa udah lahir) kl caranya gitu… coba aja Re sapa tau bisa dibanding ngepel jongkok napas putus.

    Waktu Clarissa 7 bulan dlm perut juga naiknya kurang tuh krn gw lg resah melo2 gak jelas jd ngaruh kesitu. Dokternya nyaranin minum air glucolin (gula anggur) ada deh Re beli sekaleng kecil warna biru muda tulisannya glucolin dalemnya ky gula castor gt nanti minumnya campur air putih aja sesendok glucolin rasanya seger2 manis bisa buat nambah tenaga juga dan gak bikin panas dalem (just in case kl mkn es krim takut kemanisan hehehe)

    Lancar terus yah Re sampe lahiran nanti….

    Like

    • hahaha aku kalau nungging sujud doang tp diem masih lumayan kuat kak fel tapi tetep aja gak bisa lama2 langsung engap. jadi sebentar2 aja tapi lumayan sering soalnya kalau ngepel jongkok lebih gak sanggup lg. iya nih dengerin musik tiap hari tapi gak klasik semua juga sih hehehe..

      eh iya mamaku juga pernah ada sounding2 glucolin, pas cari2 info ternyata emang banyak juga ya yang nyaranin pake itu boleh dicoba deh thanks ya kak fel πŸ™‚

      Like

  8. Semoga selama menunggu ini, si dede posisinya semakin membaik ya Re. Biasa bisa kebantu dengan cara tradisional macem ngepel (tapi ini kata orang dulu sih, entah deh beneran kebukti atau ngga, tapi bisa dicoba hehehe). Eskrim sih katanya memang bisa nambah BB bayi, tapi kalau sering2 kan gawat bisa diabetes ke emaknya. Mending minta suggestion dokternya kali makan apa yang lebih bagus ya. Sehat terus dan lancar menjelang lahiran, God bless.

    Like

    • amiiiin makasih ci le. iyaa ci kata dokter juga sih es krim gpp (asal gak punya diabet dan masih dalam jumlah wajar juga makannya hahaha) dan susu dibanyakin. iya itu yang ngepel jongkok sih katanya bisa bantu cuma gak sanggup aku kalau ngepel jadi nungging aja deh hahaha

      Like

  9. Wah kaya gw dulu re,nyokap lahiran gw sungsang
    Mudah2an debay nanti lahirannya lancar yah n ga kelilit tali pusar
    Biar berat badan debay nambah juga
    Sehat2 terus yah

    Like

  10. Elsie sih kemaren pas 33w, beratnya 2359gr
    Si Elsie lahirnya sesar gara-gara kelilit tali pusar di leher ama paha kanan kan, itu sih gara-gara guenya yang males gerak plus emang Elsienya gede hehe
    Masih ada waktu buat bergerak lebih banyak, Re. Yuk yang semangat buat dedeknya…
    Lancar terus sampai hari H ya neng

    Like

Leave a Reply

