Memilih Film Untuk Ditonton Dengan Anak

Sesuka2nya gue dan Mas sama film, when it comes to nonton sama krucil gue termasuk emak2 yang strict. Strict disini bukan artinya gue gak kasih dia nonton film ya, hehehe itu mah dari dulu juga udah gue bawa masuk bioskop. Tapi maksudnya, gue sangat picky sama film2 yang gue perbolehkan untuk si krucil tonton. Ini termasuk tontonan di tv juga.

Well, call me lebay tapi seriously tontonan itu bisa sangat berpengaruh apalagi untuk anak kecil yang mana dia masih dalam proses melihat dunia *apa ini bahasanya huehuheuhe* Banyak lah gue sering baca tontonan itu mempengaruhi tingkah laku si anak juga. Namanya anak2 kan apa yang dia lihat pasti pengen ditiru, makanya sebisa mungkin jangan deh kasih nonton film atau acara2 tv yang gak suitable for kids.

Gue sama Mas kan suka banget nonton ya, kadang gue miris deh kalau lagi nonton di bioskop terus ada orang tua yang bawa anaknya. Ya kalo nontonnya film anak2 sih gak masalah. Lha ini yang ditonton film dewasa, maksudnya macem film action, thriller, yang sadis2 yah pokoknya yang sebenernya gak cocok deh buat anak2.

Kaya waktu itu gue sama Mas lagi nonton fast n furious terus ada bapak2 yang bawa anaknya cewe seumuran krucil malah kayanya lebih kecil deh. Kan gue jadi gemes sendiri………… Terus pernah waktu itu gue nonton Mad Max midnight sama Mas. Sebelum nonton kita lagi ngobrolin apa gitu ya sampe nyambung ke jangan2 ntar ada yang bawa anaknya lagi nonton Mad Max. Eh bener aja dong kejadian, ada beberapa pasangan malah yang bawa anaknya. Nonton Mad Max , terus midnight pula. Anaknya paling baru 3 tahunan. Udah gitu di tengah film anaknya nangis2. Antara ngantuk apa takut liat filmnya dan suaranya yang heboh membahana itu. Kasian kan 😦

Intinya sih gue bukannya mau sok2an ngajarin ya, tapi please lah buat parents diluar sana, kalau mau bawa anaknya nonton, seenggaknya lihat2 dulu filmnya kaya gimana. Apakah ratingnya cocok sama umur anak kita. Yang anaknya masih kecil ya paling nggak boleh bawa nonton kalau filmnya itu ratingnya SU (semua umur) dan yang lain ya disesuaikan aja sama rating filmnya, macem2 kan ada PG, ada PG13. Ngerti sih mungkin ada beberapa orang tua yang udah nafsu pengen nonton terus gak bisa ninggalin anak karena gak ada yang jagain atau gimana, tapi sebisa mungkin ya jangan bawa anak (apalagi masih kecil) nonton film yang gak sesuai untuk mereka. Jangan termakan sama hal2 kaya, ah kan diceritanya ada anak2nya juga. Contohnya Jurassic World, iya sih emang ada anak2nya tapi sungguh itu kan sadis2 gitu filmnya gak cocok lah buat anak kecil. Beda cerita kalau bawa bayi ya 😛

Sekali lagi, gue enggak mau ngejudge juga sih balik lagi sama keputusan masing2 sebagai orang tua. Kaya krucil nih jatohnya ya jarang nonton bioskop karena sekalinya ada film anak2 pun gue masih suka liat2 dulu cocok gak ya ditonton dia. Banyak film anak2 yang akhirnya gue gak kasih dia tonton juga (mau di bioskop atau dirumah ya) karena menurut gue gak pas aja untuk dia. Kaya misalnya Into The Woods, itu kan filmnya ada tentang princess2an ya tapi gue gak kasih dia nonton, karena menurut gue ceritanya terlalu confusing untuk dia. Terus settingannya dark gitu. Kalau Maleficent waktu itu awalnya juga gue sempet mikir2 kasih nonton gak ya, karena agak dark juga kan, tapi akhirnya setelah diskusiin sama Mas akhirnya kita nonton deh sama krucil juga. Karena dia emang udah sering nonton film sleeping beauty dan udah akrab sama si maleficent hahaha.. Sebenernya beberapa film princess2an gitu sih juga akhirnya gue kasih nonton tapi ya karena menurut gue toh dia udah tau ini ceritanya dari film dirumah, dari buku2, jadi gak papa lah nonton. Tapi tetep untuk film2 yang gak ada unsur anak2nya gue gak bakal pernah bawa2 dia ke dalem bioskop. Gapapa deh rela2in nontonnya telat mesti nunggu download-an daripada buru2 nafsu nonton sebelum abis di bioskop tapi mesti bawa krucil.

Ya semoga besok2 kalau lagi nonton di bioskop yang bukan film anak2, gak ada ortu yang bawa anak2 lagi ya hahahah 😛

Advertisements

16 thoughts on “Memilih Film Untuk Ditonton Dengan Anak

  1. setuju Re sama pendapat jgn bawa anak nonton film dewasa (kyk horror, action) soalnya gue juga kasian liat anaknya apalagi kalo masih dibawah 5taun gt. mrk belum tentu ngerti juga. semoga dengan postingan lo ini buat parents en parents to be lbh aware ya Re ama jenis tontonan buat anak (note to myself too)

    Like

  2. yang paling parah film T*D re.. ortu pikir itu filem anak2 yah, karena ngeliat sisi “beruang”nya doank. padahal mah.. buset kata2nya jorok dan kasar. gua aja gak suka sama T*D. ahahaha.. banyak ortu yang kecele gak baca sinopsisnya or liat ratingnya. lah kalo kita gak liat rating mah gpp yah. secara kita juga udah gede. tapi kalo anak2 kan kasian banget.

    Like

  3. Belom pernah bawa bocils nonton di bioskop re. Takut ntar nagih minta lagi dan lagi. Aku belum siap ditagih2 gitu.hehehehe. Memang sih balada ortu mau nonton dan ga bisa ninggalin anak tp ga usah maksa juga kaliii ya. Sekarang aku mah nunggu dvdnya aja keluar atau nggak download. Pas jaman Ff7 keluar aku pas kecelakaan itu re…ya ampun itu dah mupeng banget mau ntn tp ya sutralah pasrah nonton dvd aja #iyeBajakanCynnn lol

    Pihak cinemanya sih yg mesti strict juga ya.

    Like

  4. kalo uda jadi orang tua emang banyak ya pertimbangannya… musti pinter2 nahan diri ya biar anaknya ga ikut2an… kadang kitanya uda pingin banget, tapi apa mau dikata lagi ya..

    Like

  5. huahhaa.. aku ngajak iyel nonton minion aja Re.. sama how to train your dragon. yang lain nggak. Paling kalo nonton dvd dia nonton real steel sama cz12. diulang2 terus sampe kita yang udah gede bego nontonnya wkakakka. dia suka banget sama robot & jeki cen. jadi lah maennya brantem2an mulu sama si Eric sambil dia bergaya kaya robot wkakaka

    emang bener, sekarang banyak film di tv itu ga mutu ya hahaha payah emang per-filman indo.
    Tapi gua setuju, banyak orang2 demi kepuasan mereka nonton di bioskop trus ngajak anak kicil gitu..padahal ga sesuai umurnya.. kasian anaknya yaa..

    eh jadi panjang komennya :p

    Like

  6. Uggggh Re baru minggu kmrn aku pegi nonton Jurassic World, show terakhir (mulai jam 9 malem) ada satu pasangan yg bawa balitanya, ngomong aja belon lancar, trs bawel berisik banget n kayaknya takut liat dinosaurus menggelegar gt…

    Like

  7. Yang gue bingungin, kok sama petugasnya tetep dibolehin anaknya masuk? Kan masing-masing film udah ada rating umurnya.
    Gue pernah nanya sih, malah dikacangin hahha *kesian ya*. Apa mungkin bagi mereka “yang penting bayar?”

    Like

  8. Kontrol dari petugas bioskop emang perluuuuu banget. Bahkan di Amerika sana, sebelum masuk pintu harus kasih liat ID loh kalau untuk film R rated. Sementara di sini, asal bayar ya udah dikasih masuk. Dan perlu diingat, kartun itu bukan berarti film anak-anak loh. Spongebob itu bukan film anak2 walaupun lucu. Itu film remaja. Minions jg ceritanya gak sesuai, dan mesti anak yg udah SD kelas 4 ke atas kayaknya baru bisa dijelasin. Jadi di Jakarta ini satu2nya kontrol emang harus dari ortu sendiri.

    Like

  9. agak susah jg jaman sekarang utk menjauhi anak2x dr tontonan yg tdk selayaknya. karena games online pun ternyata menyuguhkan itu. utk anak2x yg msh krucil, mungkin bisa dicegah ya. tp kl udh besaran dikit, kayaknya agak sulit mengingat anak jaman sekarang suguhannya yg menarik menurut mereka memang yg demikian. apalagi kalau anaknya cowok. masih anak2x aja obrolannya gak jauh dr avengers dan model2x hero lainnya yg menonjolkan sisi kekerasan.

    menurut aku, selama bisa dihindari, ya hindari. kalau sdh tdk bisa terhindarkan, ya mungkin orang tua yg harus turun tangan memberikan penjelasan/pengertian shg anak2x tahu. karena ada kasus, temen aku sendiri, anaknya masih SD, tp temennya sdh ngajarin dia buka youtube dan search adegan syur wanita mandi. ini hal di luar kuasa orang tua. alhasil, orang tua yg harus menjelaskan ke si anak. krn orang tua tidak bisa menjamin juga anak tdk menonton. di rumah mungkin. tp kl sdh keluar rumah, kayak di sekolah. begh … parah ! apalagi kalau dimodalin hape andro dg full service. hahaha …

    Like

  10. Iyaaa betul banget Rere! Jangankan bioskop yah, tontonan TV juga harus di kontrol. Banyak sinetron skrg yg ngajarin gak bener. Namanya anak2 kan masih niru yah, mrk blm ngerti yg mana yg baik n salah. Jangan sampe ntar anak mau terjun dari gedung tinggi gara2 dia percaya dia bisa terbang kayak Peter pan atau Superman >_<!!

    Like

  11. Wohooo, kemarin aku waktu nonton di bioskop sama temen sempet nanya waktu ada keterangan (REMAJA) (DEWASA) gitu. Aku nanyanya gini :
    “Kalau film remaja, anak kecil nggak boleh nonton”
    Dianya jawab “Boleh kalik, kemarin aja aku sekeluarga nonton AntMan, ada adikku yang masih kecil nonton”
    Gitu, emang, pihak bioskop enggak memilah gitu ya ._.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s