Libur Tlah Tiba!

Updated: Commentnya udah dibuka, tadi lupa ternyata ditutup πŸ˜›

Berhubung krucil TK A nya udah beres, dan sekalian udah mau bulan puasa juga kan makanya mulai Senin kemarin dia udah libur. Nanti sekolah lagi akhir Juli. Iyaaaa lama banget buibuuu liburnya. Anaknya happy, emaknya bingung deh kalang kabut nyari kegiatan untuk dia selama liburan ini. Total2 dia liburnya sebulan 2 minggu. Nah lohΒ lama bener kan..

Rencana liburan sih ada ya, tapi belum fix dan kalau liburan pergi2 gitu kan gak mungkin sebulan juga ya. Kecuali duitnya tinggal metik doang πŸ˜› Jadi sebagai emak2 yang mengaku irit pastilah gue mesti nyari2 kegiatan untuk dia selama liburan. Yah walaupun liburan tapi gue gak mau juga kalau dia nganggur doang main aja tiap hari kerjaannya. Paling gak mesti ada kegiatan yang berguna juga supaya gak bosen dan nanti pas sekolah lagi gak kagok.

Akhirnya setelah mikir2, yuk deh sekolah2an aja dirumah sama miss mami hahaha.. Jadi gue harus nyari kegiatan untuk dilakuin dia setiap hari selama liburan. Gak usah lama2 kaya sekolah beneran. Paling gak 2 jam sehari udah cukup kok. Rencananya sih nanti bisa juga ikutin holiday program gitu selang seling. Pokoknya mesti ada kegiatan deh, tapi jangan sampe terlalu maksa atau ngepush anaknya juga. Santai aja, yang penting si anak happy.

Terus apa aja kegiatannya? Gue ngambil contoh dari kegiatan2 yang dia lakuin di sekolah aja sih. Kaya bikin prakarya, belajar menulis, menggambar, mewarnai, melipat origami, yah kegiatan2 kaya begitu aja. Terus gue browsing2 juga dan ternyata banyak banget kegiatan yang bisa dilakuin sama anak untuk mengisi liburan dirumah. Banyak juga web2 yang bisa untuk download lembar kerja anak TKnya gitu. Hari minggu kemarin gue coba kasih puzzle random dari foto dan gambar yang digunting2 terus suruh dia bikin dan tempel di kertas. Baru percobaan doang nih, eh anaknya happy banget. Soalnya dia emang demen main puzzle sih. Excited gitu sampe dia udah semangat nanya2 besok sekolahnya ngapain kegiatannya hahaha..

Jadi ya gue bikin kaya sekolah2an aja tapi dirumah. Sebelumnya gue udah beli beberapa alat2 yang sekiranya diperluin kaya kertas origami, hvs warna warni, lem kertas, alat2 prakarya gitu. Ini sih kedemenan gue juga beli beli perintilan ginian hahaha.. Mulai Senin kemarin, pagi kan dia bangun, terus makan, abis itu mandi. Nah abis mandi baru deh mulai kira2 jam 10an.

Hari Senin pertama itu kegiatannya membuat prakarya. Jadi dari malem gue pikirin besok akan bikin apa kira2, dan siapin bahan2nya. Udah gue gunting2in bentuk2nya, gambarin beberapa gambar, nanti dia tinggal tempel dan bikin prakaryanya. Hari pertama lancar jaya dan anaknya anteng selama berkegiatan di sekolah mami hahaha dan gak minta main keluar sama sekali πŸ˜€ Kata si Mas anteng juga dia Β berarti sukses dong miss mami jadi guru tk aja sana hahahaha *yakaleeeeeee* πŸ˜›

libur 1

libur 2

Hari Selasanya, belajar menulis huruf kecil, belajar penjumlahan sederhana, sama menempel bentuk sesuai petunjuk. Lagi2 anaknya happy, walaupun sempet agak2 hampir bosen pas latihan menulis. Gak gue paksain juga sih kalau dia udah mulai bosen ya gapapa, nanti sambung lagi. Hari Rabu bikin prakarya menempel dan menggambar terus main maze, dan mewarnai. Pokoknya sampai hari ini masih lancar dan anaknya semangat tiap hari. Kita lihat aja ya betah berapa lama.

Kendalanya apa sekarang? Mesti banyak2 cari ide buuuu. Dan itu semua mesti gue siapin dari malem, jadi pagi2nya udah beres. Gampangnya sih tinggal browsing, download, terus print ya. Ada beberapa lembar kerja anak TK yang udah gue print. Tapi banyak juga yang kadang gue suka bikin sendiri. Soal2 penjumlahan bentuk yang sederhana gitu terus diwarnain, atau gunting2 bentuk2 dari origami terus tempel sesuai jumlahnya. Atau ya kalau bikin prakarya2 gitu pasti gue udah siapin duluan bahan2nya. Emang mesti banyak2 cari ide deh supaya kegiatannya bervariasi biar si anak gak cepet bosen.

Rencananya sih gue mau bikin nanti ada kegiatan keluar rumahnya juga. Jadi gak bosen2 amat ya setiap hari dirumah. Bisa main di playground, jalan – jalan ke taman, belajar belanja di supermarket beneran, berenang, bikin kue, nonton film, main games2 yah pokoknya sevariatif mungkin deh *elap keringet* πŸ˜›

Semoga aja anaknya betah ya dengan kegiatan homeschooling sama miss mami ini. Oiya kalau ada yang mau kasih ide boleh banget lho kira2 games atau kegiatan apa lagi yang bisa dilakuin sama anak2 untuk mengisi liburan dirumah. Atau mungkin ide2 prakarya yang seru untuk dibuat πŸ™‚

Advertisements

21 thoughts on “Libur Tlah Tiba!

  1. aduh miss mami yang satu ini … super duper kreatif ya. hahaha … ayo miss mami, digetolin cari idenya, supaya anaknya gak merasa liburannya hambar πŸ™‚ . eh tapi, miss mami-nya gak lupa sama mr. papi kan ?! πŸ˜€

    Like

    • hahaha iya nih kak ev mesti getol2 cari ide supaya gak bosen… oh itu gak boleh lupa dongggg, nanti bisa2 gak ditransfer lagi kalau dilupain huahahaha XD

      Like

  2. ya ampun enak banget anak-anak liburnya sampe 1 bulan setengah…coba orang kerja bisa kaya gitu juga ya re..hehehe jadinya emaknya yang kelabakan cari ide buat ngisi liburan ya.. mungkin selain itu bisa ditambahin les musik re selama liburan, tapi tergantung eirene nya juga suka apa ngga ya..hihihi

    Like

    • iyaaaa nat anak2 sih seru2 aja ya libur lama, emaknya deh kelabakan hahaha.. iyaaa dia maju mundur gitu sebenernya demen musik keliatan, tapi kalau suruh les piano maju mundur terus hahaha..

      Like

  3. Aaaaah, libur telah tiba, tapi tetep si krucil masih dapet tambahan ilmu dari super mommy ini ya πŸ˜€ hihi mbak rere keren nih, si krucil dilatih terus mbak, jangan sampai dia masuk di zona nyaman liburannya terus lupa sama belajar :3 aaah,calon anak cerdas ini si krucil :3 Amin :3

    Like

    • hehehe iya feb tapi mesti pinter2 cari ide kegiatannya supaya gak bosen juga dia, lumayan liburnya lama kalau duit tinggal metik sih udahlah bawa aja liburan somewhere sebulan hahahaha

      Like

  4. finally bisa komen Re, hehehehehe..

    rajin bgtttt miss mamiiiiii, mau donk jadi muridnya juga *ga sadar umur* hahahaha..
    moga krucil makin excited ya Re secara liburan anak skrg tuh kebangetan lamanya (coba qta dlu, boro2, huhuhu)
    semangatttt miss mami nyiapin kegiatan2 skolah di rumah πŸ˜€

    Like

    • hahaha lupa ping kemarin di close comment πŸ˜›

      ayuk sini jadi murid miss mami juga hahaha iya nih semoga anaknya betah terus deh sekarang sih udah semingguan masih excited dia.. thanks ya ping πŸ˜€

      Like

  5. jadi pingin balik ke masa kecil… lohh… iya ya jadi mami harus super duper kreatif… belom lagi ngurusin suami… belom pula ngurusin kerjaan kalo kerja… ya ampuun… ga kebayang deh skrg…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s