Resep ; Classic Cheese Cake

Kali ini mau coba share resep cheese cake easy peasy! Hahaha gue tuh kalau mau bikin apa2 apalagi baking pasti bakal nyari resep yang gampang2 aja. Yaiyalah biar gak remfong bikinnya kan.

Nah kemarin nih gue bikin cheese cake, karena emang lagi kepengen banget makan cheese cake dari kemarin2. Udah ngiler2 juga liat beberapa temen posting foto cheese cake. Akhirnya beli cream cheese deh terus langsung bikin.

Untuk resep ini, hmmmm sebenernya ini resep karang2an aka bikinnya pake feeling aja kakakkk huahaha.. Jadi gue punya beberapa resep cheesecake tapi gue gak ngikutin full satu resep jadi gue baca2 terus gue bikin sendiri deh ala2 gue yang pastinya gampang dan gak ribet. Untungnya berhasil dan rasanya enakkkk. Dulu gue pernah bikin juga tapi agak failed karena base biskuitnya agak gosong. Nah yang kali ini berhasil, gak gosong basenya, cheese cakenya soft dan creamy. So gue akan share resepnya disini, monggo yang mau bikin ya, tapi kebanyakan rumus kira2nya nih 😀

cheesecake

 

Classic Cheese Cake

Bahan base :

  • 1 pak biskuit (optional bisa pakai biskuit apa aja Regal, Marie Regal, atau Oreo kalau mau jadi oreo cheese cake) Gue pakenya marie regal
  • 150gr butter (lelehkan)

Bahan Cheese Cake :

  • 2 butir telur
  • 120gr gula pasir
  • 500gr cream cheese
  • 100gr sour cream atau bisa diganti whipping cream
  • 1 sachet vanili

Cara :

  • Hancurkan biskuit dan campur dengan lelehan butter
  • Aduk sampai rata, dan tata campuran biskuit & butter di loyang (gue pake loyang bulat diameter 22cm)
  • Tekan2 biskuitnya sampai rapi dan padat
  • Masukan ke freezer kurang lebih selama 30 menit
  • Kocok gula dan telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental dan mengembang
  • Masukan cream cheese dan sour cream secara bergantian sedikit demi sedikit sambil tetap di mixer
  • Masukan vanili dan aduk rata
  • Tuang adonan cheese cake ke atas biskuit base
  • Panggang di oven dengan suhu 150°C selama ±40 – 60 menit sampai atasnya agak kecoklatan (Panggangnya dengan teknik au bain marie ; jadi loyangnya dialasi loyang lagi yang diisi dengan air supaya basenya tidak cepat gosong)
  • Setelah matang, keluarkan dari oven, dinginkan, lalu masukan ke freezer selama ± 2 – 3 jam sampai cheese cakenya set dan agak beku
  • Sajikan dengan selai atau buah2an

Notes : Gue pakenya oven tangkring, suhu yang disitu sesuai sama resep aslinya.

Gampang kaaaaan??? Ini udah gue rangkum gitu sih dari beberapa resep. Soalnya gue sendiri juga suka males kalau baking terus susah, bahan A lah B lah C lah hayah ribet deh. Resep ini menurut gue masih gampang walaupun tetep di bake itu cheese cakenya. Sebenernya bisa lebih gampang lagi gak perlu dipanggang, tapi mesti di ubah dikit resepnya gak pake telor, jadi untuk cheese cakenya pure si cream cheese, gula sama sour cream aja. Abis itu tinggal masuk kulkas deh.

Kemarin gue mau fotoin seloyang gak jadi karena keburu dicolek sama si krucil jadi bopeng hahaha padahal jadinya bagus lho atasnya dan cakep gitu golden brown warnanya. Biskuit basenya gak gosong, crunchy dan berasa butter. Nah gue makannya kemarin pake selai strawberry jadi, diolesin diatasnya aja terus tambahin buah strawberry lagi. Kalau mau dikasih whip cream juga boleh kok. Asal cheese cakenya udah jadi, toppingnya bebas bisa apa aja sesuai selera.

Selamat mencoba! 🙂

15 thoughts on “Resep ; Classic Cheese Cake

  1. pengen nyoba tapi gak punya cream cheese nih hahahhaa, harus beli bahannya dulu…tapi enek gak sih Re? Kendala gw kalau makan ini gak gitu doyan soalnya kaya enek gitu tapi aku tak tahan liat strawberry nya, paling bawahnya gw oreo aja kali yah biar gak gitu enek, kalau regal gw gak gitu doyan bau susu pasti makin enek hahahaa

    hasrat makan bumil udah terpenuhi dong yah 😀

    Like

    • enek sih lumayan kak fel, aku makannya juga cuma se slice kok hahaha.. nah iya biskuitnya ganti aja emang kalau regal berasa banget susunya apalagi pake butter kan. aku jg mau nyoba yang oreo deh besok2 terus atasnya kasih crumble oreo2 gitu. iyaaaaa akhirnya kesampean hahahaha 😀

      Like

  2. karna gw buta per bakingan, postingan lo sangat ngebantu banget Re..
    gw salut deh, dulu pas gw hamil malah malesnya ampun2..
    rajinnya pas mau lahiran doang, sampe2 saking rajinnya n capek malah pecah ketuban hihihi..

    Like

    • ayuk dicoba nol.. ini juga gue karena udah mendingan makanya udah mulai baking2an. dari kemarin2 pengen ngemil enak tapi males bgt masuk dapur, begitu udah semangat baru deh bikin2an lagi. hah serius pecah ketuban, kalau udah deket2 jgn kebanyakan kegiatan jg kalo gitu yaa.

      Like

  3. Shaina suka banget cheesecake. Selama ini ngebayangin bikinnya ribet, ternyata lumayan gampang juga ya hehe. Untung gw juga punya oven tangkring… Oreo cheesecake sounds yummy 😀

    Like

  4. wah kebetulan banget ni lagi punya cream cheese nganggur ntah mau diapain… dari semua bahan di atas tinggal beli gula… hahahahha… pas lagi abis ni gula nya… jadi pingin cepet2 cobain lho re…

    Like

Leave a Reply

