Cerita Dibalik Homemade Sushi

Yang punya IG gue pasti udah pada liat kan hari Rabu malem gue bikin sushi untuk dinner di rumah. Nah gue mau cerita2 perjuangan bikin itu sushi. Lagian udah tau remfong ya masih aja gue penasaran. Hahaha gue emang penasaran banget pengen nyobain bikin sushi dari beberapa minggu yang lalu. Tapi mau dibikin2 itu gak jadi melulu. Mau beli bahan2nya gak jadi melulu. Dan gue kan orangnya kalau udah kepengen suka susah ya, jadilah tiap hari ngerengek minta anterin Mas belanja2an bahannya. Si Mas sampe gondok sendiri tuh sama sushi gara2 istrinya tiap hari bm susha sushi mulu huahahaha :p

Singkat cerita, hari Rabu kemarin siang2 kita ke farmers market (pas banget Mas gak ada apa2 hari itu) mau belanja2an bahan2 buat sushi. Sebelumnya gue sempet browsing2 dimana beli sushi-mat itu kan plus bahan2 lainnya. Macem2 deh ada yang di hero, kemchick sampe di supermarket jepang di blok m. Ada juga yang bilang di ranch market atau farmers market. Nah berhubung di bintaro ada farmers market, yaudah cobain deh kesana. Sebelum kesitu beberapa hari sebelumnya gue udah ke hero sama lotte mart gak ada itu sushi-mat, jadi berdoa2 aja semoga di farmers market ada.

Sampe sana langsung tanya sama mas2nya, dan untung banget ada. Girang banget gue nemu itu barang, secara udah mondar mandir supermarket mana2 kagak nemu hahaha.. Selain beli itu sekalian beli bahan2 lain untuk sushinya. Kemarin itu bahan2 sushi yang kita beli chilli powder, rice vinegar (cuka beras emang khusus untuk nasi sushi), zucchini, mayonaise (dirumah abis), fillet salmon & tuna, sama crab stick. Nori yang lebar2 sama soy sauce kikkoman udah beli kemarin2. Mau beli tobiko kaga jadi soalnya mihil bener huahaha dan lagian cuma butuh dikit buat taburan2 kan sayang sisanya jadi kita gak beli. Nah untuk berasnya, tadinya emang gue mau beli beras khusus untuk sushi tapi di farmers market gak ada. Browsing2 bisa juga pake beras biasa tapi yang pulen, dicampur sama beras ketan. Eh gue malah kelupaan beli beras ketan. Hahaha akhirnya pake beras biasa deh dirumah, tapi aman2 aja tuh, yang penting dikasih rice vinegar dulu berasnya.

Setelah semua bahan udah lengkap, langsung capcus pulang dan mulai bikin. Pertama2 itu sushi-mat dilapisin plastik dulu. Terus untuk nasinya, gue pake nasi biasa, langsung dicampur rice vinegar tambah garem dikit, aduk2 deh. Β Abis itu bikin yang paling gampang dulu, kanimaki yang isinya crab stick sama zucchini. Taro norinya, nasinya abis itu tata deh itu crab stick sama zucchini yang udah dipotong panjang2. Gampil ini bener deh. Tapi pas bagian gulungnya gue agak parno soalnya banyak baca2 katanya itu susah banget kan buat bikin sampe rapih. Gue coba lah pelan2 sambil diteken2 ngerapihin gitu tiap sekali gulung supaya padet. Pas udah kelar, rapih dong! Happy banget! Hihihih.. Bagian motong2nya juga lumayan susah, soalnya itu nori kan lengket2 gitu. Jadi saran gue pas mau motong, pakailah pisau yang super tajam, dan potongnya pelan2 supaya gak ancur. Untungnya gue berhasil motong2 dengan rapih dan gak berantakan roll sushinya. Fiuhhhh *elap keringet*

Terus selanjutnya salmon maki & tekkamaki (tuna). Salmonnya gue potong memanjang biar bisa diatur kaya crab stick tadi. Plus gue tambahin si timun jepang. Maap ya kaga ada fotonya, pokoknya step by stepnya sama aja kaya tadi, begitu juga buat si tekkamaki.

Yang epic pas bikin salmon sushi (nigiri salmon ya). Gue emang demen banget makan si salmon sushi ini di tempat makan sushi. Itu kan salmonnya mentah ya. Nah pas mau bikin sendiri, pertama2 udah susah banget mem-fillet si salmonnya. Bikin jadi bener2 tipis macem salmon sushi di sushitei gitu. Akhirnya gak tipis2 banget, yang penting ada salmonnya diatasnya. Pas udah jadi gue gak yakin dong mau mentah2 gitu huahaha.. Gimana ya takutnya gue salah ngolahnya, atau ada yang mesti ditambahin dulu ke si salmon atau gimana gitu lah. Kan gak lucu ya kalau kenapa2 gara2 salah ngolahnya hahaha.. Akhirnya gue kukus bentar dong itu salmon sushi, bentar banget ngukusnya tetep aja udah berubah warna jadi pink2 salem asoy gitu hahaha.. Tapi tetep enak sih.. Ntar gue mesti berguru lagi deh sama chef2 sushi biar next time bikin salmon sushi bener2 mentah :p

Rasanya gimana? Menurut gue dan Mas enaaaaaaaak. Kalau kata Mas udah enak tapi nasinya masih agak kebanyakan, mestinya dikurangin dikit lagi supaya porsinya pas sama isi2annya. Oke noted! Bikin sushi untuk makan malem ini takes time hampir 2 jam, kemudian setelah jadi kita makannya 15 menitan doang………………. *sakitnyatuhdisini!!!!!* huahahahahahaha gapapa deh yang penting udah gak penasaran lagi ya bikin sushi sendiri.So, mission accomplished!!!! Next, bikin apa lagi yaaaaaaaaa :))))

24 thoughts on “Cerita Dibalik Homemade Sushi

  1. Sebagai orang yang ngga punya IG, aku jadi merasa.. Ah, sudah lah! πŸ˜›

    Dan seperti biasa, aku hanya bisa memandang layar lappy dengan raut mukak kelaperan karena belom sarapan.. Reeeee, kamuh jahat! *elus elus ATM* *takut entar siang malah ke Sushi Tei*

    Like

  2. Re, jadi tambahin rice vinegar & garam nya di nasi yg udah matang, terus diaduk2 ya?
    Perbandingan rice vinegar nya gimana re?
    Mupeng sm sushi nya.. nanti kalo bikin lagi, posting lg ya re.
    jadinya bagus bgt re, potongan nya rapi bgt. πŸ˜€

    Like

  3. wah .. hebat rere.. gw dr kapan mw bikin sushi ala gw.. gk jadi jadi tuh.. gw kan gk demen model seafood gitu yah.. jd gw mau pake telor.. udah beli tuh tatakan nya.. gk jadi jadi ampe skrg.. wakakak..

    Like

  4. Iya chyn, jadi nasi yang udah mateng taro di mangkok bebas aja tergantung mau brp banyak bikinnya. Sebenernya ada perbandingannya tp kalau nasinya pas dimasak brp gram gitu. Nah aku kan langsung nasi jadi, jadi dikira2 sendiri deh vinegarnya. Tapi kira2 ya untuk 3 centong nasi, vinegarnya 2-3sdm deh..

    Sip nanti kalau bikin lagi diposting deh, hehehe thanks chyn πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

