Perkembangan Teknologi VS Anak Jaman Sekarang

Punya anak kecil jaman sekarang dimana perkembangan teknologi udah maju semaju2nya itu agak2 serem gimana gitu ya.. Gue mau bikin tulisan ini karena ngeliat si dedek aja sih. Dedek itu umurnya sekarang 4 tahun 3 bulan, baru masuk TK.
Sebenernya kalau dipikir2 gak ada yang bisa disalahin juga, in fact dia lahirnya di jaman yang perkembangan teknologi udah gila2an. Dari umur setahun lebih dia udah bisa lho bedain mana hp bagus mana hp gak bagus hahaha.. Dia udah bisa bedain kalau blackberry lebih bagus dari hp n*kia biasa. Makin gede sekitar 2 tahunan udah sering main2in hp. Main2in hp gue sok2an gaya nelfon orang gitu. Ini ngeliat siapa juga sih sebenernya? Ya pastilah liat emaknya dan orang2 sekitar kan. Gue sih sebisa mungkin kalau lagi sama dedek gak pegang hp, maksudnya kan ya biar dia juga gak ribet mau mainin hp gue dan biar seenggaknya dia gak merasa hp itu kebutuhan penting *padahal emang iya* :p
dedek 2 tahun, menjajah hp maminya mulu
Makin gede, umur 3 tahun nih anak udah bisa main game2 di tablet. Bisanya pun gak yang diajarin tapi dia cari tau sendiri. Lama2 jadi bisa. Ini juga sih yang gue perhatiin, kebanyakan jaman sekarang kan orang tua yang gak mau repot supaya anaknya diem kalau lagi pergi2 atau kitanya lagi sibuk gitu ya, pasti cenderung ngasih si anak benda elektronik macem ipad atau tablet untuk main game atau nonton tontonan anak2 di TV kabel. Gak salah sih. Gue juga kadang suka gitu kok daripada anaknya ribet, yaudah relain deh kasih dia main game sebentaran. Tapi lama2 kan jadi kebiasaan ya.Β 
Si dedek nih sekarang umur 4 tahun, gak perlu ditanya deh udah bisa banget dia main game2 di tablet. Gue sih gak menyalahkan dia juga, sebenernya ada bagusnya juga toh anak2 jadi bisa belajar sendiri, dan lagi perkembangan otak anak seumuran gitu kan lagi bagus2nya. Tapi gue malesnya kalau sampe ada ketergantungan yang mana akhirnya si anak jadi kebiasaan mesti main game di tablet tiap hari. Pada dasarnya gue itu lebih suka kalau anak2 ngelakuin kegiatan yang lain kaya misalnya mewarnai, menggambar, nari2 atau nyanyi2, main sama temen2nya macem main sekolah2an atau rumah2an gitu masih jauh lebih baik daripada mantengin game di tablet terus ya.Β 
Terus gue jadi makin senewennya nih, tante gue itu ngasih si dedek satu tablet yang udah di download-in game2 semua. Pokoknya itu tablet isinya game semua deh. Awalnya sih masih biasa aja yaudah lah gak papa kalau sekali2 dia pengen mainin itu. Cuma lama2 gue jadi mikir juga karena tiba2 si dedek bisa tau lho cara mau download game dari playstore. Gue kaget gitu tiba2 dia bilang “aduh mi ini gak bisa didownload nih soalnya gak ada internet” Pas gue liat, iya dong dia udah buka playstore, pilih game, dan mau download tapi gak bisa. Sebenernya dirumah ada wifi tapi sengaja gak gue connect-in ke tablet dia biar gak bisa ngapa2in hahahaha. Gak pernah ada yang ngajarin lho itu download2an tau2 dia jadi tau sendiri. Terus lama2 juga dia jadi udah tau cara nelfon2, ngecek pulsa, dan yang paling hits malah si dedek yang ngajarin omanya main game di tablet *dooooeeenggg*Β 
jangan ganggu, aku lg serius :p
Sekarang sih itu tablet suka disita sama nyokap gara2 gue suka kesel juga kan kalau dia udah anteng main game melulu. Dia sih suka mewarnai gitu2 tapi gak betahan, baru sebentar udah bosen. Kecuali kalau main lego nah baru deh bisa anteng. Dia udah diwanti2 juga sih nanti kalau udah sekolah pokoknya cuma boleh main game di tablet sabtu minggu aja. Kalau hari sekolah gak boleh main di tablet hahaha.. Kejam ya. Tapi gimana dong abis daripada anaknya jadi ketergantungan sama itu tablet. Gue juga jadi gemes sama tante gue, yakali anak kicik umur 4 tahun dikasih tablet. Gue aja dulu 4 tahun kayanya masih main masak2an deh huahahaha.. Pertama kali dikasih handphone juga kelas 5SD kayanya itu juga hp jadul yang cuma bisa sms sama nelfon doang. Memang ya perkembangan teknologi cepet banget..
Selain game2an di tablet, si dedek pelan2 mulai merambah ke laptop. Ini sebenernya sih karena dia suka ngintilin gue kalau lagi blogwalking atau lagi laptopan di kamar. Awal2nya cuma karena dia pengen dengerin lagu2 OST Frozen kan akhirnya gue download dan masukin iTunes. Tiap dia minta dengerin gue kasih. Lama2 jadi pengen dengerin2 melulu. Dan makin kesini udah gak pake nanya2 sama gue. Pernah suatu hari abis mandi, gue lagi beres2 baju dikamar. Dia masuk ke kamar, ke depan laptop, buka iTunes terus dia cari deh itu Let It Go abis itu dipasang deh. Gue ngeliatnya bengong aja. Cuma karena dia sering liat gue bikinnya gimana sampe itu lagu kepasang, lama2 dia bisa ngerti sendiri dong caranya. Bahayaaaa kakakkkk bahayaaaaa!!!
nih tersangkanya nih yang belakangan suka ngotak ngatik iTunes di laptop mami!
Perbandingannya sama gue dulu jauh banget. Dulu mainan gue mah ya masak2an, boneka2an, baju2an (yang boneka kertas ada baju2nya terus dipretel2in itu), main petak umpet, macem2 lah dan yang jelas gak ada yang berhubungan sama gadget2. Beneran deh gue aja pake hp ya itu kelas 5 SD. Lah ini si dedek, ntar tau2 pas SD udah minta gadget2an lagi soalnya temen2nya juga udah pada punya semua mamakkkkkkk…. Terus tau2 udah ngomong gini mih follow twitter aku dong huahahaha gak kebayang. Sebisa mungkin pokoknya jauhkan dari socmed2an dulu deh ya paling gak sampe SMA, mungkinkah? Semoga aja….
Gambarnya lupa darimana 😦
Menurut kamu2 gimana perkembangan teknologi sekarang dan anak2 jaman sekarang ini?Β 
24 thoughts on “Perkembangan Teknologi VS Anak Jaman Sekarang

  1. Dek Ayin nggemesiiiin.. *cium cium pipi Dek Ayin*

    Gimana ya, Reee.. Serba salah jugak ya.
    Karena zaman sekarang ini kan keren banget.
    Lha uda ada tablet-tabletan.. Smartphone jugak layarnya mayan gede kan..

    Satu sisi manfaatnya ya dia jadi belajar dengan cara mudah.
    Di sisi lain, mungkin jadinya males dan maunya main mulu.

    Mungkin kitanya sebagai orangtua yang harus tegas dan komit ya.
    Semisal Sabtu Minggu aja boleh main, ya apapun ceritanya cumak Sabtu Minggu aja.
    Mau nangis kek, jejeritan kek, belajar komit aja.
    Duh.. Sok tau deh aku.. Hihihi.. πŸ˜›

    Like

  2. Hahahaha…canggih dede ayin. Sama re kaya keponakan gw yang baru 1 tahun 7 bulan si Jessie, dia udah tau cara main game di hp,trus suka banget main pou. Tiap kali bawa hp gw trus bilang mau main pou trus langsung kotak katik itu hp deh hehehe..

    Tapi gw lebih seneng sebenernya kalo dia main diluar gadget soalnya kalo gadget anak lebih pasif soalnya ga ada lawan bicara ga ada komunikasi/interaksinya re.

    Like

  3. sebenernya kita sebagai orang tua juga masih dalam masa2 transisi dan jadi cultur shock.
    jadinya kita masih berpikiran (gua juga kok :D) kalo main gadget kelamaan itu gak bagus, lebih baik kalo juga main mainan yang 'manual'.

    tapi kepikir gak jaman dulu pas mainan 'manual' pun belum ada? belum ada mobil2an, belum ada boneka2an, masak2an? dimana tadinya orang2 masih mainnya pake daun dan batu? pas anak2nya mulai mainnya pake mainan jadi, ortu2nya pasti pada mikir ah anak2 nih sekarang apa2 mainannya udah jadi punya jadi gak kreatif. harus kudu mesti mainnya pake batu dan daun trus dibikin sendiri jadi something else.

    yah emang masalah begini pasti akan terus ada karena kehidupan kan dinamis ya. teknologi berkembang, pikiran manusia semakin maju. πŸ˜€
    jadi sekarang di masa transisi begini ya dibikin balance aja lah. jangan sampe main gadget terus2an tapi jangan sampe gak main gadget juga. ntar jadi ketinggalan jaman. πŸ˜€

    Like

  4. Memang kadang serba salah yah re.. disatu sisi kita gak kasih main ipad or tablet.. nanti anak kita juga jadi minder juga, karena anak skrg mana ada sih yang gak maen tablet? tapi kalo terusan yah juga jangan sampe yah.

    Gua setuju sih sama ko arman. masa2 transisi gini, emang kita yang harus pinter2 baginya. misalkan boleh main ketika sabtu or minggu paling lama minimal 2 jam. jadi ibaratnya gak kuper2 amat lah. kasian juga kalo temennya lagi update 1 mainan, tapi anak kita bengong gitu. hehehe.. πŸ˜€

    Yang pasti, gua juga gak mau tuh anak gua nanti cuma disodorin ipad cuma untuk gak gangguin ortunya *semoga bisa yah*. hahaha..

    Eniwei.. jadi kangen masa lalu.. gua juga masih ngerasain mainan petak umpet, tak jongkok, joli-joli, galaksin, gundu, masak2an pake acara metik dirumah orang dulu daun2nya. trus yang kertas2 di gonta ganti bajunya gitu. hahaha.. seru sih memangg.. πŸ˜€

    Like

  5. Gue kalo liat anak jaman sekarangn maen gadget suka kagum sendiri, kemudian ngebatin “gue udah tua banget ya” hahahaha
    secara ya dulu seumur si adek gue masih maen congklak boro boro pegang HP, belom ada tuh. Tapi bener, itu emang perkembangan jaman yang gak bisa di hindarin. Salah satu pemikiran gue kalo nanti punya ada gimana cara ngedidik dia mengenai teknologi. Gimana mo didik, gue nya aja gaptek mamiiih :D.

    Like

  6. iya pi memang kitanya juga sbg ortu harus bisa menyesuaikan ya, jangan sampe anaknya juga jadi gaptek gak ngikutin perkembangan teknologi tapi jangan sampe jadi ketergantungan juga.

    semoga pi, gue juga kadang2 suka berusaha jgn sampe kaya gitu tp suka susah lho apalagi kalau anaknya emang suka cranky..

    hahaha iya gue juga tuh pi main2an kaya gitu, masak2an pake daon ahahaha :p

    Like

  7. iyah ko karena memang dari dulu pastilah apa2nya bakal selalu berkembang ya (kan semakin kesini semakin maju dong yah gak mungkin semakin mundur hahaha), jadi gimana pinter2nya ortu aja untuk bikin semua balance yah. thanks masukannya ko πŸ˜€

    Like

  8. wah sama aja kaya si dedek ren, demen main pou juga dulu mah belum ngerti lama2 diotak-atik sendiri jadi ngerti dia main games2nya pou itu ampun deh hahaha..

    bener ren, kalau mainin gadget terus gak ada komunikasinya

    Like

  9. Iya beb kalau main gadget terus anaknya jadi pasif walaupun sisi positifnya dia jadi bisa belajar & cari tau sendiri.. Iya emang orangtuanya juga yang harus tegas dan lebih bisa menyesuaikan sama perkembangan teknologi ini hihihihi..

    Like

  10. emang anak jaman sekarang permainannya uda beda ya hahahaha… aku sih nanti ga akan ngelarang anak main gadget gitu, toh kadang suka ada games2 yg emang mengasah otak kan… cuma dibatasin aja jangan ampe kecanduan… ntar kayak emaknya, main game online ampe begadang2 hahahaha… ga sehat…

    Like

  11. Anak sekarang emang uda canggih2 Re, ga perlu diajarin juga bisa sendiri.
    Keponakan juga gitu, uda umur 4 tahun, uda bisa maen hp ma laptop hahaha
    Tapi jangan sampe juga jadi ketergantungan, harus pinter2 mengajarkan kepada anak πŸ™‚

    Like

  12. Ternyata anak kecil jama sekarang sama aja yaa…canggih ma teknologi hahhaha
    ponakan gw yaa gt re lebih canggih main hayday daripada mommynya , parahhh banget dah tiap hari rebutan main hayday ma mommyny akhirny Tab omany dikorbanin buat itu bocah….salah sih benerny kita memfasilitasi anak2 biar ndk ngambek aja karna dia jadi ketergantungan tapi ortuny juga serba salah

    Like

  13. REee, emang anak kecil itu cepeeeet belajar teknologi. Bahkan Gaoqi belum bisa baca kalo soal operasi laptop dan hape bapaknya cuma dari liat liat doang. Ya gak usahlah dia, si Gama aja cepet banget niru gaya kita pas make hape. Aku juga berusaha ngurangin itu. Maksudku, gimanapun dia akan banyak melihat itu dr temennya. Kalo dia liat di rumah juga begitu, agak gimana ya. Karena itu juga pas ada temenku nanya kenapa sih aku mau bayar beli buku mahal mahal atau kalau mainan kayak lego dsb mihil, aku jawab karena untuk mengalihkan perhatian anak-anak jaman sekarang untuk baca buku, tantangannya beda dengan jaman kita dulu. jaman kita dulu buku komik Petruk gareng aja kubaca karena gak ada tontonan dan games kan. Lah anak sekarang, tontonan banyak, games melimpah. Gimana buku dan mainan lain gak kalah bersaing. Jadi kalo pengenalan teknologi ya sekedarnya aja, sekedar gak gaptek, dan diusahakan SELALU diawasin. (ditemenin) Berusaha banget sampe saat ini, nggak membiarkan gadget dipegang mereka sementara kitanya ngerjain hal yang lain.

    Like

  14. Beda banget ya anak jaman dulu sama jaman sekarang.
    yang salah itu bukan anaknya atau teknologinya, tetapi orang tua dan orang sekitar anaknya. harusnya anak yang masih balita/ dibawah umur jangan dikasih teknologi yang sudah canggih seperti tablet/smartphone. biarkan saja anak tersebut bermain diluar sana dengan teman-temannya -_-

    Like

  15. nah bener kak memang semestinya tetep dikasih pengenalan teknologi biar gak gaptek2 amat ya tapi sebisa mungkin juga dialihin sama hal2 kaya baca buku dan mainan2 yang lebih mengasah otak kaya lego.. aku pun selalu berusaha kaya gitu seenggaknya kalau si anak lagi pegang gadget harus ada ortu yang ngawasin πŸ˜€

    Like

  16. kalo dilihat-lihat, teknologi canggih emang udah kayak menjajah hidup kita kan Re πŸ˜€ udah kayak nggak bisa hidup tanpa teknologi. aku sendiri sejak hilang iphone yang notabene canggih itu dan sekarang pakai henpon biasa-biasa saja utk komunikasi, merasa “bersyukur” karna akhirnya bisa bebas dari “jajahan” tekno canggih. dan aku pernah baca entah dimana, kalo nggak salah gelombang elektromagnetik gadget canggih itu berbahaya untuk otak, apalagi otak anak-anak. jadi kalo bisa jangan terlalu sering berduaan sama gadget canggih. kalo untuk anak, atur jamnya aja kali ya. satu jam setiap hari setelah mandi sore misalnya, dan harus tetap didampingi orangtua.

    Like

Leave a Reply

