Resep ; Pie Susu

Berhubung lagi ada waktu, dan beberapa nanyain resep pie susu sekarang diposting deh resepnya. Nemu resep ini di salah satu account perbakingan yang gue follow di instagram. Setelah diliat2 kayanya meyakinkan yaudah gue coba dong. Soalnya gue demen banget makan pie susu ini, dulu waktu baru2 hits di Bali, kalau ke Bali pasti beli, atau kalau ada yang ke Bali pasti titip si pie susu ini.

Pas gue nemu resepnya, dih kok gampang amat ya *songooooooooong* hahahaa dan bahan2nya pun gampang dicari. Yaudah gue coba aja iseng2 bikin. Resep aslinya itu dia pake tepungnya 1kg, tapi karena gue baru nyoba jadi gue bikin seperempat resep aja dulu. Kalau mau bikin banyak sekalian 1kg aja, jadinya kira2 80 – 100 biji tergantung pie crustnya segede apa (waktu ulang taun dedek gue bikin pake resep yang 1kg tepung) abis itu enek dah makan pie susu mulu hahaha..

Bahan kulit pie :

  • 250gr tepung terigu
  • 200gr mentega
  • 2 sdm gula halus
  • 1 butir telur
Bahan isi :
  • 1/2 kaleng susu kental manis putih
  • 1/2 kaleng skm air
  • 2 sdm maizena, larutkan
  • 1 butir telur
Cara membuat kulit :
  • Campur tepung terigu, mentega dan gula halus. Aduk rata. Masukan telur
  • Aduk sampai kalis (lebih baik pake tangan pas udah agak kalis). Kalau masih terlalu lembek, boleh ditambah tepung terigu lagi sedikit2 sampai adonan terasa agak mengeras dan bisa dibentuk.
  • Cetak adonan di cetakan pie dan tusuk2 dengan garpu
Cara membuat isi :
  • Campur susu kental manis dengan air, aduk rata
  • Masukan maizena dan telur, aduk rata lagi
  • Tuang isi ke dalam cetakan pie yang sudah ditata adonan kulit
  • Panggang hingga isinya mengeras (tidak encer lagi) dan kulit matang. *diukur2 aja berapa suhunya ya soalnya gue pakenya oven tangkring :p*
  • Setelah matang, angkat, dinginkan sebentar terus lepas dari cetakan. Gak susah kok ngelepasnya, abis itu baru pindahin ke kertas.

Gampang kaaaaaaan? Setelah gue browsing2 lagi sih banyak resep pie susu ini juga dan beda2 dikit doang lah. Tapi resep ini menurut gue udah enak kok. Kulit pienya udah enak, crunchy, dan isinya udah pas manisnya. Untuk pie2 yang lain juga gue pake resep kulitnya ini, paling di modif2 sendiri lagi aja. Kemarin bikin apple pie juga pake resep kulit ini tapi cobain pake air es juga.

Selamat mencoba! πŸ™‚

22 thoughts on “Resep ; Pie Susu

  1. Tuh kan re jd bikin mupeng aja hihihi
    Ini si ayung lama bgt katanya janji mau beliin oven yg kecil, jd kepengen buat iih
    Aku jg suka bgt pie susu soalnya
    Next time sharing lagi yah re

    Like

  2. Hihihihihi maapkan yah beb.. Ini bikinnya udah lama kok tapi baru sempet share sekarang resepnya..

    Itu maksudnya air nya sebanyak 1/2 kaleng susu kental manis beb. jadi ukurannya sama kaya susu kental manis (skm) πŸ˜€

    Like

  3. Rereeeee…
    dulu blog aku pernah meng endorse pie susu dari Bali lho Reee…
    Dan emang pie susu itu ternyata enyaaaaaak banget yah…
    Waktu itu aku dikirimin yang rasa coklat, dan ternyata kalo disimpen di kulkas malah lebih enak yah Re πŸ™‚

    Jadi kapan atuh dikau mau ngirim pie nya ke rumahkuuuuu…hihihi…

    Like

  4. oh iya teh? ah asikkkk dong makan pie susu melulu yah hihihih iya kalau ditaro kulkas malah lebih enak jadi agak2 keras gitu :p

    huahahaha nanti yah teh kalau udah banyak orderan aku kirimin :))))))))

    Like

Leave a Reply

