Jogja Trip ; Review Kuliner Part 1

Holaaa… Masih seputaran Jogja nih *busyeeng reee kaga pulang2 hahaha*, kali ini mau review beberapa tempat2 enak disini. Tiap gue ke Jogja itu temen gue akan selalu bawa gue cobain tempat2 makan yang enak disini. Enak dari segala sisi ya, rasa, tempatnya, harga dll. Sebenernya tiap gue jalan2 kemana pun pasti tujuan gue adalah makan *cetek*. Sampe temen gue nanya apa gue gak mau ke tempat2 wisata yang bagus2 gitu? Ya mau aja gue mah, namanya juga jalan2, tapi tetep sambil nyari tempat makan dong yakan 😀 😀
Setelah beberapa kali kesini sih gue punya beberapa tempat makan yang gue gabakal bosen kalo tiap ke Jogja harus banget didatengin lagi. Misalnya ada Kalimilk, Ayam Geprek Bu Rum, Gudeg Pedes Bu Tinah, Nasi Kuning & Lontong Opor Bu Tuti…
Nah sekarang gue mau review beberapa tempat enak yang gue coba disini.. *yuk mariiiiii
IGA SAPI BALI
Iga Sapi Bali! Namanya kurang ajar kece ya huahahaha… Ini recommend temen gue, katanya sih enak banget. Akhirnya cobain lah makan disini kan. Iga Sapi Bali ini adanya di Jl. Umbul Permai, Mudal, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Panjang bener ya hahaha… Tempat makannya gak terlalu gede tapi eye catching bgt karena di dominasi warna merah. Kata temen gue menu yang paling recommend di Iga Sapi Bali ini tentu aja Iga Sapi bumbu bali.
Karena kita kelaperan banget belom makan dari siang, langsung lah kita pesen gak pake lama. Kita pesen Iga Sapi Original (bumbu Bali & sizenya gede), Ayam kecombrang, Plecing Kangkung, 2 nasi, aqua dingin dan ice lemon tea. Pas dateng, gue agak kaget karena size si iganya ini emang gede. Untungnya temen gue bilang pesennya 1 aja untuk dishare. Menurut gue sih emang gede iganya, tapi kalo buat yang makannya lebih banyak dari gue hahaha ato buat cowo2 sih pasti bisa ngabisin 1 porsi ini.
Iga Sapi Bali IDR 45K
Ayam Kecombrang IDR 28K
Plecing Kangkung IDR 9K
Bagaimana rasanya? Enak banget! Ga bohong deh. Lebay yaa.. Tapi serius, iganya soft banget, gampang dipotong, bumbu balinya tasty dan enak banget. Ayam kecombrangnya juga enak. Ayam kecombrang ini tuh ayam disuir2 terus dikasih kaya semacem sambel matah (sambel yang cabe bawang tomatnya diiris tipis2 gitu). Plecing kangkungnya enak banget, bumbunya berasa, dan kangkungnya masih garing2 gitu. Walopun gue cemen gak bisa makan pedes, tapi ini masih acceptable lah pedesnya.
Untuk soal harga, gue sih akan selalu bilang makanan di Jogja murah2 yah. Iga Sapi Bali ini termasuk murah. Dengan harga segitu dan makanannya yang enak banget jelas sangat amat worth it. Serius deh buat yang lagi jalan2 ke Jogja ini wajib banget didatengin. Very recommended! 😀
GUDEG MERCON BU TINAH
Namanya agak2 menyeramkan sih pas gue pertama kali dateng kesini. Yaaa gue udah beberapa kali makan kesini tiap ke Jogja. Walopun gue gabisa makan semua pedes2nya tapi at least makan juga karena enak.
Sebenernya mungkin di Jogja banyak tempat makan gudeg2 lainnya yang terkenal juga. Tapi si Gudeg Bu Tinah ini juga gak kalah happening kok. Dia adanya di Jl. Kranggan. Tempat gudeg ini bukanya dari jam 8 malem sampe seabisnya.. Walopun letaknya kurang strategis menurut gue karena ada di pinggiran perempatan jalan gitu, tapi yang dateng kesini rame banget, banyak banget mobil2 yang parkir di sekitaran tempat gudeg ini, makin malem makin rame lagi deh.
Disini, kita bisa milih sendiri mau makannya pake apa aja. Yang pasti sih nasi putih yah, terus ada gudegnya, krecek kuah, ayam suir, telor semur, ati ampela, dan tempe orek yang paling pedes sedunia. Oke gue lebay. Tapi emang tempenya ini pedesnya amit2, makanya sampe dinamain mercon. Jadi pedes amit2nya itu bukan berasal dari si gudeg melainkan dari si tempe. Jelas aja gue ga bakal pernah makan tempenya, hahaha eh waktu itu pernah deng skali pas pertama banget nyobain ini tapi ujung2nya gak kemakan karena gue  ga kuat sama pedesnya.
Ada gorengan bakwan, tempe, dan sate2an juga buat nemenin makanan lainnya. Buat minuman mereka cuma ada teh manis anget / teh tawar anget. Gak ada es sm sekali. Kebayang kan pedes2 terus minum anget kaya langsung kebakar gitu hahaha tapi cepet ilang harusnya ya.
Gudeg Mercon Bu Tinah
Rasanya? Enak lah pasti. Kalo engga enak ga mungkin gue bikin reviewnya 😀 Jadi walopun di Jogja banyak tempat makan gudeg lain, gudeg merconnya bu tinah ini wajib dicoba juga, apalagi buat yang suka makan pedes.

BIMA KRODA

Warung Makan Bali Bima kroda. Begitu nama lengkapnya. Berawal dari iseng2an nyari tempat makan babi *maap ya gak halal* di Jogja, kalo lapo2an kan di Jakarta juga banyak ya, tapi kali ini pengen makan babi ala Bali *kelewat bmnya* *sebenernya gue di Bali apa di Jogja sih*. Nah terus ada yang recommend si Bima kroda ini. Jarang banget emang gue nemu tempat makan babi disini, yaiyalah namanya juga Jogja 😛

Singkat cerita, dateng lah kita kesini buat nyobain makanannya. Bima kroda ini adanya di daerah Jl. Sorowajan RT 12 RW 11, Banguntapan, Jogjakarta. Gue sih baru sekali ke daerah ini ya, ternyata punya ternyata daerah ini kaya kampung Balinya gitu. Pas mau masuk ke tempat makannya, ada beberapa orang yang lagi makan disitu dan pake baju ala2 Bali gitu. Bima kroda ini buka setiap hari kecuali hari Selasa. Menu spesial dari tempat ini yaitu Babi Guling, tapi adanya cuma hari Rabu & Minggu siang. Gue kesana hari Rabu tapi karena udah sore, babi gulingnya udah gak ada. Gileeee…

Pas masuk, langsung bener2 berasa Bali banget deh. Warung makannya sederhana banget, ada bau2 dupa, dan langsung disambut sama leak di tembok deket tempat mesennya. Lagu2 yang diputer disana pun ala2 Bali gitu. Menu yang ada disini macem2 kaya nasi campur yang juga recommend, sate babi, ayam betutu, nasi plecing, tum dan lawar merah. Tum ini setau gue adalah makanan yang biasa dibuat orang Bali pas Galungan & Kuningan. Bahan dasarnya daging yang dimasak dengan cara dipepes pake daun pisang. Lawar adalah makanan khas Bali yang dibuat dari daging cincang & kelapa & rempah2 terus dicampur darah babi.

Karena gue gak mau makan tum dan lawar itu, gue cuma pesen Nasi Campur aja. Kalo ada yang mau, nasi campurnya bisa ditambahin tum & lawar juga. Temen gue juga pesen yang sama, nasi campur. Terus kita pesen juga sate babi 1 porsi buat di share.

Itu dia ada si leak di depan
Rame kan
Nasi Campur IDR 14K
Sate Babi IDR 12K

1 porsi nasi campur isiya nasi putih, 1 tusuk sate babi, sayur kacang, kulit babi, sup tulangan babi, dan sambel. Rasanya? Pedes tapi enak. Menurut gue sih kurang keBali2an ya rasanya. Karena gue pernah makan nasi campur Bali yang menurut gue enak banget hahaha.. Tapi ya enak. Yang enak banget itu sate babinya. Pedes manisnya pas, tasty banget deh, dagingnya juga empuk *nulisnya ngiler lagi ini gue*

Harganya juga murah. Lumayan lah si Bima kroda ini, berhubung susah kan tempat makan nasi campur di Jogja, jadi kalo ada yang kesini dan bm pengen nasi campur / sate babi harus kesini. Sayang banget gue gak nyobain babi gulingnya, next time kalo kesini lagi harus nyobain hehehe…

Segitu dulu aja ya, udah kepanjangan ini postingannya hahaha… Nanti disambung lagi di Part 2 nya. Tenaaaang… Masih banyak kulineran Jogja yang akan gue posting… 😀

5 thoughts on “Jogja Trip ; Review Kuliner Part 1

  1. Nasi Campur B2 Jogja, Sate B2, Babi Merah, Mie Titee, Mie Babi Panggang, Mie Babi Hong,Mie Babi Merah, Sayur Asin Bakut, Baikut Sayur Asin, Bakut Sayur asin, Babi Panggang, Daging B2, Sayur Asin Baikut, Kuliner Jogja, Bie Jogja, B2 Jogja, Babi Jogja, Pork Jogja, Jogja, Nasi Campur Babi, Babi Merah panggang, special menu B2, Sate Special B2, Sate Babi Enak, Sayur Asin Babi, Special Sate Babi, Sate Babi Jogja, Khas Babi Jogja, Spesial Masakan B2 Jogja, Babi Panggang Enak

    Spesialis Masakan Babi / B2 / Bie buka di :
    ALAMAT : Kompleks Pertokoan Bah Petruk Baru Jogja
    Jl.Brigjend Katamso 33 Gondomanan Yogyakarta Indonesia 55122
    CP : 0818.260.783(XL) / 76C040F8 (DEWI)
    Twitter : @warung52_yk
    Fb : waroeng52
    Fb Fanpage : nasicampurbabi
    Blog 1 : http://nasicampurbabi.blogspot.com/
    Blog 2 : http://Warung52.wordpress.com/
    Linkedin : warung52
    Path : warung52
    Foursquare : Warung Nasi Campur B2 & Sate B2
    WA : 0818.260.783
    Instagram : Warung52
    Email Google: warunglimadua@gmail.com
    Email Yahoo : warung52@yahoo.com
    Google+ : Warung52
    Subscribe Youtube : Warunglimadua
    Tumblr : Warung52
    Google Maps : Warung Nasi Campur & Sate Babi “52”

    Like

Leave a Reply

