Coffee? It’s not that bad!

Img Source From Here

Belakangan ini gue jadi suka black coffee. Dari awalnya yang gak suka sama sekali, tiba2 jadi bisa minum si kopi item ini. Sebenernya gegara Mas sih, dia kan kalo ngopi pasti black coffee, mau ngopi diluar ato dimana aja. Jadilah akhirnya gue harus nyetok kopi bubuk item juga. Pada dasarnya gue emang suka ngopi sih, tapi ya itu awalnya gak bisa nenggak si kopi item ini. Paling enggak ya latte deh ato cappuccino.

Gue suka banget kopi? Enggak juga. Tapi gue bisa bilang kalo sehari gak ngopi macem ada yang kurang aja gitu. Jadi paling nggak harus ngopi sekali deh. Ngopinya pun bisa kapan aja, dulu biasanya sih setiap bangun pasti gue ngopi, ato gak kalo lagi pergi2 dan udah gak tau mau ngapain yaudah nongkrong aja kopi2 cantik di coffee shop. Eh si Mas juga kan coffee addict banget, jadilah frekuensi ngopi gue bertambah sejak sama dia hahaha… Soal coffee shop luaran yang jadi favorit gue itu tentu aja Starbucks. Menurut gue starbucks ini kopinya enak dan pas. Macem2 kopi lainnya pun disini enak. Kalo gak diluar, ngopi apapun sebenernya jadi aja buat gue. Tapi yang paling enak sih tetep aja masih si white koffie luwak yang sachet itu.

Berdasarkan yang pernah gue baca, kopi itu sebenernya manfaatnya banyak banget, asal gak dikonsumsi berlebihan aja. Paling enggak sehari 1-2 cangkir aja. Selain mitos yang bilang kalo minum kopi bisa bikin mata melek alias gak ngantuk, masih banyak sebenernya manfaat lainnya. Mitos itu sih gak ngaruh di gue, paling kalo di sugestiin aja baru ngaruh hahaha. Faktanya, abis ngopi kalo emang gue ngantuk ya gue tetep tidur tuh :p. Gue itu sering banget tiba2 sakit kepala, dan kalo udah sakit kepala gue akan minum kopi. Eh ngefek loh… Gak yang langsung ilang gitu, tapi bisa ngurangin dikit deh sakit kepalanya. Terus abis itu juga setau gue kopi bisa ngurangin depresi. Atau seenggaknya bikin calm down kalo lagi stress. Ya selain teh yang tentunya bisa bikin calm down juga. Buat manfaat lain2nya dari kopi coba bisa diliat disini atau kalo mau googling juga banyak hehehe..

Sebagai penggemar kopi, tentu aja pasti tau macem2 kopi yang ada. Maksudnya bukan jenis2 biji kopinya ya, tapi macem2 jenis minuman kopi yang suka kita minum itu. Ada beberapa yang gue tau dan coba gue share disini..

Img Source From Here

1. Kopi Hitam
Kopi hitam yang dibuat dari kopi bubuk. Awal2nya mah dari biji kopi juga tapi yang udah dijadiin bubuk gitu, terus dikasih air panas.

2. Espresso
Espresso ini kopi item juga. Kopi item yang dibuat dari biji2 kopi, bisa yang jenisnya sama atau bermacem2. Terus diproses pake coffee machine dengan uap panas yang tinggi dan nanti yang keluar udah jadi kopinya deh. Espresso ini juga ada tingkatannya dari yang dark (paling strong) sampe yang biasa aja. Mungkin kalo yang dark ato strong banget bisa juga yang suka disebut2 double / triple espresso ya.. Dan biasanya espresso ini gelasnya yang kecil2 banget itu lho, sangking strongnya kali ya. Hahaha tapi gue sendiri sih gak suka2 banget sama jenis kopi ini.

3. Cappuccino
Cappuccino ini kayanya juga salah satu jenis kopi yang familiar ya. Karna rasanya yang lebih santai dari espresso. Cappuccino ini dibuat dari campuran espresso, steamed milk, dan foam, terus kadang2 ditambahin lagi bubuk chocolate diatasnya.

4. Latte
Kalo cappuccino rasanya udah santai, latte malah lebih santai lagi. Hahaha.. Kalo latte ini cuma campuran espresso sama susu aja, tapi lebih banyakan susunya jadi rasanya lebih soft. Ini juga jenis kopi yang paling cocok buat cewe sih menurut gue. Soalnya gue sendiri suka banget sama latte ini. Dan sekarang untuk bikin lebih bervariasi lagi banyak kan yang dicampur syrup2 gitu di lattenya kaya, hazelnut, caramel, dll.

5. Macchiato
Ini kurang lebih sama kaya latte. Tapi kalo latte susunya yang lebih banyak, sedangkan macchiato ini kopinya yang lebih banyak.

6. Frappe
Frappe ini kurang lebih kopi yang disajikan dengan dingin. Bisa dengan ice ato di blended. Terus diatasnya dikasih whip cream biasanya. Jadi rasanya kentel2 gitu deh hahaha. Dari frappe terus bisa berkembang ke frappuccino, tapi ya sama2 aja intinya kalo frappuccino itu ya cappuccino yang di blended.

7. Mocha
Jenis mocha ini kurang lebih sama kaya cappucino / latte tapi ditambahin sirup coklat, jadi rasanya lebih ke coklat2nya gitu

Kurang lebih itu deh jenis2 kopi dasar yang gue tau *maap2 nih kalo salah* hahaha. Kalo mau tau lebih banyak lagi, bisa di googling2 lagi coba. Hehehe

Eiya pas lagi browsing2 juga nih, ternyata ada banyak banget article yang ngebahas tentang kepribadian seseorang berdasarkan jenis kopi yang disuka. Hahaha. Bisa di check disini coba.

Img Source from Pinterest

Yaaa kurang lebih gitu dehhh.. So which one is your favorite? Me? Of course latte, tapi belakangan kopi item juga ditenggak aja jadinya hahaha 😛

7 thoughts on “Coffee? It’s not that bad!

  1. Hi re, i love coffee ! sempet ngebahas juga ttg kopi di blog sendiri 🙂 Aku paling suka kopi jenis arabica, dan lebih suka minum jenis espresso atau doppio (double espresso) kalau suka kambuh maag nya mending minum yg decaf, biasanya jenis arabica lebih tinggi kadar asam nya yg bikin lambung protes.

    Like

  2. Hai Kak Oppie,

    wah iya ya, nanti coba deh aku baca lagi blognya. Sama2 penggemar kopi nih kak, tp Kak Oppie lebih coffee addict kayanya udah sampe espresso hihihi. Iya aku pernah denger juga kalo arabica emang lebih bikin lambung nya kumat ya. Thanks for sharing kak 😀

    Like

Leave a Reply

